Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Aparat Polri/TNI Lakukan Operasi Lilin di Saliabu, Bawowo: Masyarakat Harus Taat Hukum

Kapolsek Lirung, Ipda. Tendena Rudi Bawowo

Talaud, detiKawanua.com
- Operasi lilin adalah agenda Pemerintah Pusat setiap tahunnya yang kini sedang dilakukan oleh gabungan TNI, Polri dan Dinas terkait, yang sudah dimulai sejak tanggal 22 Desember 2016 sampai 2 Januari 2017. Berkaitan dengan hal tersebut, operasi ini juga dilaksanakan di Kabupaten Kepulauan Talaud, tepatnya di empat kecamatan yang ada di Pulau Salibabu yakni Kecamatan Lirung, Kalongan, Moronge dan Salibabu. 

Minggu (25/12) lalu, Polsek Lirung dan Koramil Lirung melaksanakan operasi ke tiga titik yakni Desa Sereh, Sereh I dan Talolang, yang sebenarnya sesuai dengan perencanaan awal akan melaksanakan operasi di empat titik yang didalamnya termasuk Kecamatan Moronge, tapi sementara operasi berjalan di Desa Sereh, mobil patroli Polsek Lirung mengalami gangguan sehingga operasi tersebut tidak dilanjutkan lagi ke Kecamatan Moronge.

Menurut Kapolsek Lirung Ipda Tendena Rudi Bawowo, sebenarnya yang paling fokus adalah Operasi Samrat Lilin ini secara terpusat yang membentuk kewilayaan sesuai dengan Peraturan yang sekarang sementara dilaksanakan se-Indonesia. Yang paling utama adalah cipta kondisi agar supaya kita di wilayah hukum empat kecamatan yakni Lirung, Kalongan, Moronge dan Salibabu.

"Kendala yang terutama adalah sarana dan prasana yakni kendaraan, kuantitas personil yang jumlahnya untuk empat kecamatan ini hanya berjumlah dua puluh delapan anggota Polri," ucap Bawowo kepada detiKawanua.com saat diwawancarai.

Lanjut Bawowo, petunjuk operasi ini harusnya setiap satu personil menempati satu Gereja. Tapi dilihat dari jumlah personil yang tidak cukup kemudian juga jumlah gereja satu Desa/ Kelurahan berjumlah tiga sampai empat Gereja, sehingga kami hanya melihat skala prioritas untuk penempatan personil dalam empat kecamatan ini. Yang paling penting dari perayaan Natal dan Tahun Batu ini bisa berjalan lancar, aman dan terkendali terutama kegiatan-kegiatan keagamaan.

"Kepada masyarakat, kiranya taat hukun bahwa sudah tidak zaman lagi membuat keributan karena kami di Kepolisian ini memiliki aturan tersendiri apalagi sampai melakukan tindak pidana. Kemudian diimbau kepada masyarakat untuk waspada dengan ada beberapa kejadian dan informasi terkait dengan orang-orang asing yang masuk ke daerah kita, kalau bisa dilaporkan dari tingkat Desa, yakni Kepala Desa dilanjutkan kepada Camat dan seterusnya kepada kami Polsek Lirung. Namun dari kami juga sudah menempatkan juga sebagaimana pengamanan tertutup," tegas Bawowo.

Sementara itu, Danramil Lirung Kapten Inf. H. Ramli Hamanja mengatakan, kerjasama antara POLRI/ TNI sudah terbangun. Tujuannya mempererat hubungan dan pengamanan bersama karena sudah menjadi tugas bersama. Kegiatan sempat dibuka dengan melaksanakan Apel bersama dengan personil Polsek Lirung 19.30 Wita (24/12) waktu lalu. "Kekerabatan ini akan berlanjut olahraga dan makan bersama. Bicara keamanan di pulau salibabu ini belum dipastikan aman terkait dengan penduduk asing tapi kami mengimbau kepada masyarakat untuk tetap waspada dan segera melaporkan ketika dicurigai," ujar Hamanja, lulusan Perwira TNI AD Tahun 2016 di Bandung.

Terpisah, tokoh muda Talaud Leonar Jura SE mengatakan, kami sangat mendukung kinerja Polsek Lirung dalam melakukan upaya-upaya konkrit dalam rangka pengamanan di hari raya Natal ini. Karena bisa dilihat di beberapa tempat ibadah ada personil Polsek Lirung dan juga Koramil Lirung yang bergantian untuk berjaga. Hal ini perlu diancungi jempol. "Langkah-langkah yang sudah dilakukan kiranya akan terus dilakukan oleh Polsek Lirung, dan kami berharap kiranya Polsek dapat melakukan pembinaan atau sosialisasi mengenai aturan dengan sekolah-sekolah di sini, karena kebanyakan yang sering membuat masalah antara lain perkelahian, miras dan kasus lainnya adalah Siswa SMA/SMK," ujar Jura. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 27 Desember 2016 , ,

0 komentar for "Aparat Polri/TNI Lakukan Operasi Lilin di Saliabu, Bawowo: Masyarakat Harus Taat Hukum"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional