Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau

Amir Liputo Bakal Tertibkan Celengan 'Nakal'

Amir Liputo saat menggelar Masa Reses dengan bersilaturahim bersama Imam Masjid, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama Kota Manado, di Hotel Bersehati.

Manado, detiKawanua.com - Anggota DPRD Provinsi Sulut Amir Liputo mengadakan silaturahim dengan Imam Masjid, tokoh masyarakat dan tokoh agama Kota Manado pada Minggu (18/12) siang,  di Hotel Bersehati Manado. Silaturahim ini, dalam rangka Masa Reses Legislator Sulut dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) tersebut di Dapil Kota Manado.

Dalam silaturahim tersebut, Amir Liputo mendapat berbagai keluhan dan masukan dari masyarakat, di antaranya terkait persoalan bantuan korban banjir, sulitnya mendapatkan gas LPG, IMB rumah ibadah, tanah pekuburan, bangunan masjid Eks Kampung Texas, dan yang paling disorot adalah banyak orang membawa kotak amal mengatasnamakan Masjid di setiap hari Jum'at yang dinilai perlu dicurigai dan sangat mempermalukan umat Islam.

"Orang ingin beramal memang sulit  kita bendung, tetapi pembawa celengan atau kotak amal harus ditertibkan. Karena bisa saja ada yang mengorganisir mereka.  Kalau boleh, hanya berada di daerah kompleks lingkungan masjid, jangan beredar di jalanan," ujar Husen Buchari, Imam Masjid Kelurahan Titiwungan.

Senada yang disampaikan Husain Ishak, Imam Masjid Al-Hikmah Kelurahan Kombos Barat. Dirinya mengatakan, permasalahan celengan 'nakal' ini tidak bisa dibiarkan begitu saja, dan kalau perlu diberikan sanksi tegas oleh pemerintah.

"Realita kita membiarkan peminta-minta di jalan dengan memakai atribut Islam dengan dalih kotak amal masjid bertebaran di tempat-tempat umum dan depan toko supermarket. Ini sangat memalukan dan tidak bisa dibiarkan begitu saja. Kalau perlu diberi sanksi," tegas Ishak.

Menanggapi apa yang disampaikan, Amir Liputo membuat kesepakatan bersama dengan para imam masjid dan tokoh masyarakat Manado, untuk bersama-sama menertibkan para pembawa celengan yang berada di titik-titik lokasi tempat mereka beroprasi.

"Kita terlebih dahulu buat kesepakatan penertiban celengan. Yang ditertibkan itu celengan yang berada di perempatan-perempatan, Mal-mal, belakang Jumbo, dan tempat-tempat umum yang sudah berseliweran," jelas Wakil Ketua Komisi III DPRD Sulut ini, dan disepakati oleh seluruh imam dan tokoh masyarakat yang hadir pada reses legislator yang dikenal vokal dan selalu memperjuangkan aspirasi umat Islam.

Saat ditanya oleh sejumlah awak media usai acara tersebut, Amir Liputo menyampaikan, jika kedapatan ada oknum-oknum tersebut, mereka akan dikumpulkan di kantor Kementerian Agama dan melakukan langkah-langkah persuasif dengan mengundang pimpinan umat yang besangkutan. Selain untuk ketertiban, tindakan tersebut juga untuk menunjang Manado sebagai kota pariwisata.

"Hal ini terungkap karena banyak pembawa celengan yang tidak diketahui oleh pimpinan jama'ah bersangkutan. Mudah-mudahan dengan pertemuan ini ada solusi terbaik. Di samping itu, semua mendukung langkah penertiban ini, karena terungkap ada pecatutan nama yang tidak sesuai dengan keberadaan masjid," tandas Liputo.

(Enda)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 18 Desember 2016 , , ,

0 komentar for "Amir Liputo Bakal Tertibkan Celengan 'Nakal'"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional