Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Konsumsi Rica Masyarakat Bolmong Tinggi, Berdampak Terhadap Inflasi


Tampak Tanaman Cabai (Ist)

Bolmong, detiKawanua.com - Konsumsi Cabai (Rica) Selasa, (29/11), bagi masyarakat Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) cukup tinggi. Hal ini menyebabkan sering terjadinya inflasi (Harga umum) di Bolmong.

Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Kabupaten Bolmong, Taufik Mokoginta, berdasarkan survei tim pertanian, rica sering mempengaruhi inflasi. "Hal ini disebabkan konsumsi masyarakat kita terhadap rica cukup tinggi. Misalnya di Kecamatan Lolak dalam satu hari mencapai 30 kg konsumsi rica mereka," ungkapnya.


Ditambahkan, selain konsumsi yang cukup tinggi, kondisi harga rica yang tidak stabil juga mempengaruhi inflasi. "Hari ini naik, besok turun lagi harganya. Selain itu, harganya ditentukan oleh pedagang yang sering memainkan harga," tambahnya.


Menurutnya, saat ini Bolmong sering melakukan impor rica di wilayah provinsi Gorontalo. "Selain Gorontalo, rica di Bolmong juga diimpor dari Makassar, hal ini sering mempengaruhi harga yang sering dinaikkan oleh pedagang. Sehingga dalam mengantisipasi hal tersebut, pihaknya melakukan gerakan Bolmong menanam atas usul Bupati, menyalurkan bibit rica dan ditanam dilahan masyarakat untuk mengantisipasi inflasi," urai Mokoginta.


Sementara itu, salah satu masyarakat di Lolak Welly Rahman menambahkan, harga rica sering tidak stabil. "Biasanya saya membeli di pasar lolak, harganya hanya Rp15 ribu per kg, tapi saat ini naik mencapai Rp25 ribu," pungkasnya. (*/Tri Saleh)


Berikut Data Konsumsi Rica masyarakat Bolmong per Hari:


Kecamatan Lolak 30 kg per hari 
Kecamatan Dumoga Bersatu 100 kg per hari
Kecamatan Poigar 15 kg per hari
Kecamatan Bolaang 10 kg per hari 
Kecamatan Passi dan Lolayan 150 kg per hari 


Sumber : Dinas Pertanian 

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 29 November 2016

0 komentar for "Konsumsi Rica Masyarakat Bolmong Tinggi, Berdampak Terhadap Inflasi"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional