Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

KNPI Manado Ajak Pemuda Wujudkan Kehidupan Pluralisme

Foto bersama usai kegiatan KNPI Manado

Manado, detiKawanua.com - Menyikapi kondisi dan dinamika sosial kemasyarakatan akhir-akhir ini baik secara nyata maupun melalui dunia maya (media sosial), dengan berbagai komentar tidak sedap yang berpotensi menimbulkan persoalan negatif dan pada ujungnya hanya akan menimbulkan sebuah keretakan dalam kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara.Tentu menjadi perhatian bagi kita semua terutama, terutama lembaga kepemudaan.

Demi mewujudkan komitmen kebangsaan serta keutuhan dalam bernegara, pengurus KNPI Kota Manado langsung menggelar Konsolidasi Pemuda dan Mahasiswa Pelopor Pluralisme, pada Sabtu (12/11). Dengan mengangkat tema: ”Menakar komitmen kebangsaan pemuda dalam memaknai kemajemukan dan Ke-Indonesiaan” berlangsung sukses di kantor Tribun Manado.

Sebelum melakukan deklarasi Pemuda Patriot Pelopor Pluralisme atau yang disingkat P4, para peserta konsolidasi yang dihadiri pimpinan Organisasi Masyarakat (Ormas), Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) dan Organisasi Kemahasiswaan (Ormawa) se-Kota Manado, dilangsungkan dengan diskusi dengan keynote speaker Dr. Barita Simanjuntak, SH.,MH, Komisioner Kejaksaan RI dan Ketua Umum Pengurus Pusat GMKI, Sahat M.P. Sinurat, ST.,MT.

Menurut Barita pentingnya pemuda merawat keberagaman (pluralisme), merespon adanya isu Suku Agama Ras dan Antar golongan (SARA) yang berpotensi mengganggu keutuhan bangsa, Barita yang juga mantan Ketum GMKI itu menyarankan agar pemimpin dapat menjaga perkataannya dan memahami kondisi rakyat yang dipimpinnya.

”Kita adalah negara yang penduduknya begitu plural dan kompleks dari ragam latar belakang, baik suku, agama, ras dan antar golongan. Sampai pada latar belakang ekonomi, sehingga demikian pemimpin kita diharapkan benar-benar peka mengetahui apa yang menyulut kemarahan rakyat untuk kemudian membuat pemimpin itu menjaga perkataan serta perbuatannya. Pemimpin harus tegas merawat perbedaan, begitu pun bagi para pemuda yang berhimpun di KNPI untuk berada digarda terdepan menjaga keutuhan NKRI, janganlah pemimpin kita tidak memperhatikan ucapannya yang memicu reaksi publik, ini patut menjadi perhatian kita semua. Kita juga berharap pengurus KNPI menjadi duta-duta perdamaian,” ujar Simanjuntak.

Diskusi yang dipandu langsung Ketua DPD KNPI Kota Manado, Erick G. Kawatu, SE.,MM itu mendapat apresiasi luar biasa dari para audiens yang hadir. Begitu juga menurut Ketum GMKI Sahat mengingatkan pentingnya menjaga kerukunan dan integrasi bangsa yang akhir-akhir ini mulai dirongrong dari berbagai penjuru melalui ancaman konflik sosial serta disintegrasi.

Untuk diketahui konsolidasi diawali dengan doa, dan ucapan selamat datang disampaikan Sekretaris KNPI Manado, Amas Mahmud, S.IP, sambutan oleh Pemred Tribun Manado, Ribut Raharjo, kemudian dilanjutkan dengan diskusi dan deklarasi. Ikut hadir diantaranya, Aswin Lumintang, Wapemred Tribun Manado, Kabid Pemuda Dispora Manado, Dra. Wiesye P. Assa, Ketua Korda GMNI Sulut, Clance Teddy, S.IP, M.Si, Ketua Wilayah GMII Sulut, Yudistira Nusrin, S.Sos.

Ketua FKPPI Sulut, Hendik, Korwil X GMKI, Jonly Runtuwene, Ketua GTI Manado, Stevy Mait, DPC GMNI Manad, pengurus KNPI Manado, Richard Pesik, S.Ked, Ketua HMI-MPO cabang Manado, Rifaldi Rahalus, OMK Manado, Anestesia Mai, Pengurus GMKI, Ketua BKPRMI Manado, Suyanto Ma’arif, Senat Universitas Sam Ratulangi Manado, Senat FISPOL Unsrat Manado, Sekretaris HMI cabang Manado, Iman dan sejumlah aktivis pemuda lainnya.

Demikian dilampirkan isi deklarasi relawan P4.

Pada hari Sabtu 12 November 2016 bertempat di gedung kantor Tribun Manado, kami segenap elemen pemuda Kota Manado dan Sulawesi Utara mendeklarasikan diri untuk membentuk suatu gugus tugas  bersama yang dinamakan Relawan Pemuda Patriot Pelopor Pluralisme, selanjutnya disingkat relawan P4 yang merupakan representasi beberapa elemen kepemudaan dan kemahasiswaan yang bersepakat untuk:

1. Memperjuangkan dan mempertahankan teguh, kokoh berdirinya NKRI dengan pancasila sebagai dasar Negara.

2. Memperteguh komitmen kebangsaan dengan menghormati keberagaman dan kemajemukan yang merupakan bagian tak terpisahkan dari Indonesia untuk terus dipelihara sebagai kekayaan nasional.

3. Senantiasa menjaga perdamaian dan keamanan bangsa dan negara serta daerah tercinta melalui keteladanan sikap ditengah-tegah kehidupan sosial dan kemasyarakatan.

4. Berikrar untuk meneruskan amanat suci sumpah pemuda 1928 dan semangat patriotisme para pahlawan demi kelangsungan NKRI yang majemuk dan bermartabat.

5. Menginsiasi dan memfasilitasi kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang bertujuan untuk mempererat semangat tenggangrasa dan persatuan ditengah-tengah lingkungan kerja, organisasi dan keluarga sebagai sumbangsih nyata sebagai upaya merawat kebhinekaan.

Ikarar ini dibacakan melalui perwakilan relawan P4 dari pengurus GMNI cabang Manado, ditandatangani peserta yang ikut konsolidasi pemuda tesebut dan diakhiri dengan foto bersama. (*/Aldi)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 13 November 2016 , ,

0 komentar for "KNPI Manado Ajak Pemuda Wujudkan Kehidupan Pluralisme"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional