Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Jokowi Bakal Datang Lagi di Sulut, Menteri Jonan dan OD Tinjau Kesiapan PLTP

Kunjungan kerja Menteri ESDM, Ignasius Jonan didampingi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey bersama rombongan Pertamina dan PLN di lokasi PLTP area Lahendong.

Sulut, detiKawanua.com - Memastikan dengan difungsikannya dua unit Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) yakni 5 dan 6 (total 120 Megawatt unit 1 sampai 6) milik PT Pertamina Geothermal Energi (PGE) area Lahendong di Sulawesi Utara (Sulut), oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Ignasius Jonan bersama rombongan yang didampingi Gubernur Sulut, Olly Dondokambey pada Sabtu (26/11) pagi tadi langsung mengunjungi lokasi pengoperasian PLTP dari unit 5 dan 6.

Jonan mengatakan, kunjungan tersebut untuk melihat langsung situasi kondisi lapangan karena baik pihak Pertamina, PLN juga dari Gubernur Sulut mengusulkan kepada Presiden (Joko Widodo) tentang kesiapan dari unit 6 (unit 1 sampai 5 sudah selesai 100 persen,red) yang kemungkinan bakal diresmikan Presiden.

"Untuk unit 1 sampai 4 sudah selesai lama sedangkan unit 5 selesai pada bulan September dan diperkirakan bulan depan (Desember,red) unit 6 sudah rampung," terangnya kepada wartawan saat dilokasi PLTP area Lahendong di Minahasa.
Dikatakannya, pemerintah secara umum juga mendukung adanya energi baru dan berkwalitas

"Untuk panas bumi itu potensi khususnya didaerah Sulawesi Utara jika ada lokasi-lokasi potensi panas bumi yang bisa menjadi listrik akan terus kita kembangkan," ungkap Jonan.
Dirinya juga menambahkan persoalan 'jaminan' dengan hadirnya PLTP unit 5 dan 6 untuk mengatasi soal pemadaman listrik di Sulut menurutnya kalau dihitung beban puncak yang sekarang, kemungkinan membutuhkan daya sekitar 370 Megawatt. Kalau mau dibuat cadangan 30 persen pakai rumus nasional itu ya memang masih kurang dan kurangnya 100 Megawatt. Nah ini ada pembangunan baru lagi dengan 2 x 50 untuk sistem transfusi distribusi untuk wilayah Sulutenggo (Sulawesi Utara, Tengah dan Gorontalo," jelasmantan Menteri Perhubungan RI itu.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey mengatakan bahwa selaku pemerintah provinsi sangat bersyukur atas perhatian dari pemerintah pusat sangat banyak sehingga menaruh harapan untuk PLTP secepatnya bisa beroperasi maksimal.

"Apalagi ini menyambut Natal dan Tahun Baru, kebutuhan (Listrik) di Sulut sangat meningkat. Tadi sudah dijelaskan untuk kapasitas cadangan listrik di Sulut sebenarnya sudah cukup, yang belum dan ada kendala itu mungkin mesin transmisinya yang kita perbaiki, dan mudah-mudahan kerja keras PLN untuk menjamin listrik tidak padam di Sulut," kata Olly sembari menambahkan bahwa akan diusulkan ini salah satu agenda Pak Presiden datang ke Sulawesi Utara.

Adapun hal tersebut langsung direspon Kepala Dinas ESDM Sulut, Marly Gumala bahwa pihaknya segera menindaklanjuti arahan petunjuk dari pimpinan (Gubernur) terutama dalam penyediaan dokumen-dokumen pendukung yang selanjutnya menunggu surat dari Gubernur.

"Kita tadi sudah langsung berkoordinasi dengan pihak perusahaan terutama soal dokumentasi (Foto) untuk segera disediakan beserta penjelasan detailnya yang nantinya akan diberikan kepada Gubernur yang juga nantinya menjadi dasar ke pemerintah pusat," ungkap Gumala.

Turut hadir dalam kegiatan kunker Menteri Jonan dan mendampingi Gubernur yakni Kapolda Sulut, Irjen Pol Wilmar Marpaung, Bupati Minahasa, JW Sajow, unsur koordinator PLN Pusat, pihak Pertamina dan Dirjen beserta staf di Kementerian ESDM.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 26 November 2016 , , ,

0 komentar for "Jokowi Bakal Datang Lagi di Sulut, Menteri Jonan dan OD Tinjau Kesiapan PLTP"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional