Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Distanak Boltim Programkan Bantuan Ternak serta Bibit Cengkeh, Kopi, dan Pala di 2017

Kepala Distanak Boltim, Ramlah Mokodompis.

Boltim, detiKawanua.com
- Di tahun 2017 mendatang, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Distanak Boltim) menargetkan swasembada pangan serta program bantuan ternak, bibit Cengkeh, Pala dan Kopi untuk warga.

Sesuai data terakhir, dikatakan Kepala Distanak Boltim Ramlah Mokodompis,  tahun ini sudah hampir capai target swasembada pangan. "Beras untuk kedaulatan pangan tahun ini hampir capai target," ucapnya.

Kata Dia, kemungkinan perkembangan ke depan semakin berkurang untuk lahan pertanian. Hal ini disebabkan ada sejumlah petani kita yang sudah alih komoditas. "Pun bagitu, tetapi kita tetap optimis, sebab pada Desember nanti ada beberapa wilayah di Boltim yang akan panen Padi dengan jumlah besar. Kita berupaya untuk sarana prasarana pertanian akan lebih diutamakan guna pembuatan hingga pemanfaatan sumber air. Persentase cetak sawah sudah 90%," terang Ramlah di ruang kerjanya, Selasa (29/11).

Untuk fisik, katanya, di akhir tahun ini juga sudah capai target. Tujuan ke depan nanti, yakni sesuai program nasional kedaulatan pangan dan ada sejumlah program akan dilakukan 2017, di antarannya bantuan kepada kelompok masyarakat terkait peternakan dan bibit pertanian. "Dari sektor pertanian untuk peningkatan sarana dan prasarana jalan pertanian kita sedikit menemui kendala, namun itu sudah terealisasi," katanya.

Di sektor peternakan, tahun ini hampir semua desa diberikan bantuan peternakan sesuai permintaan warga per kelompok. "Bantuannya ternak Kambing, bahkan ternak Sapi per kelompok warga. Gunanya untuk perberdayaan masyarakat. ke depannya kita program ternak Itik, Ayam dan sebangsa unggas. Juga kita sudah ajukan ke DPRD Boltim, dalam pembahasan program kerja tahun depan yaitu penyebaran bibit Cengkeh, Pala, dan Kopi sambung pucuk untuk Distanak, yang nantinya akan diserahkan ke warga. Dan usulan itu disetujui oleh pihak DPRD," ungkap Ramlah kepada awak media, siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 29 November 2016

0 komentar for "Distanak Boltim Programkan Bantuan Ternak serta Bibit Cengkeh, Kopi, dan Pala di 2017"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional