Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Buka Kembali Kotak Suara Pilsang, Mamonto Tetap Unggul 5 Suara

Panitia Pilsang tingkat kabupaten kembali membuka kotak suara untuk menghitung kembali surat suara yang dinyatakan rusak.

Boltim, detiKawanua.com
- Digugat salah satu calon Kepala desa (Sangadi) di Desa Molobog Barat Kecamatan Motongkat, panitia Pemilihan Sangadi (Pilsang) tingkat Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), sepakat untuk membuka kembali kotak suara.

Menurut salah satu calon Sangadi yang menggugat, karena dalam perhitungan akhir perolehan suara ada puluhan surat suara yang dinyatakan panitia rusak karena tercoblos dua kali. Walaupun itu sudah disepakati seluruh saksi, calon, dan panitia tingkat desa, tetapi menurutnya surat suara yang rusak adalah sah. "Nomor urut 3 atas nama Saharip Mamonto, menggugat keputusan panitia dan saksi dalam perhitungan akhir perolehan suara. Ada 65 surat suara yang dinyatakan rusak karena tercoblos dua kali, sehingga kita harus membuka kembali kotak suara untuk mengetahuinya," jelas Sekretaris Panitia Pilsang Tingkat Kabupaten Boltim Suharto Paputungan, Rabu (16/11).

Pantauan media ini, pembukaan kotak suara di ruang kerja Bagian Tata Pemerintahan (Tapem) disaksikan ketua panitia, yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Ir Muhammad Assagaf, juga dihadiri empat calon Sangadi Molobog Barat, yakni Lukman Mamonto, Taufik Mokodompit, Saharip Mamonto, dan San Mokodompit.

Perhitungan kembali surat suara yang rusak, diawali dengan pembukaan segel kotak suara kemudian menghitung kembali surat suara yang rusak, dan dilanjutkan perhitungan suara. Atas hasil perhitungan kembali, nomor urut 1 Lukman Mamonto 27 suara, nomor urut 2 Taufik Mokodompit 1 suara, nomor urut 3 Saharip Mamonto 28 suara, dan nomor urut 4 San Mokodompit 9 suara. Walaupun dalam perhitungan nomor urut satu kalah dengan nomor urut tiga, namun diakumulasikan dengan perhitungan pertama di mana Lukman Mamonto mendapatkan 189 suara, Taufik Mamonto 5 suara, Saharip Mamonto 184 suara dan San Mokodompit 96 suara; maka Lukman Mamonto tetap unggul 5 (lima) suara dari San Mamonto.

Bupati Boltim Sehan Salim Landjar SH yang turut memantau langsung perhitungan kembali surat suara, mengatakan, bahwa Sangadi yang terpilih sebaiknya merangkul pihak yang kalah. "Sangadi yang terpilih jangan segan merangkul pihak yang kalah untuk menyambungkan tali silaturahim. Mereka juga punya potensi untuk membangun desa. Jaga selalu stabilitas keamanan desa, jangan sampai terjadi konflik antar pendukung," imbau Eyang, sapaan akrab Bupati, siang tadi.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 16 November 2016

0 komentar for "Buka Kembali Kotak Suara Pilsang, Mamonto Tetap Unggul 5 Suara"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional