Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu Dihadiri Ribuan Peserta dari Berbagai Elemen

Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu dan Penandatangan Seruan Kebangsaan

Talaud, detiKawanua.com
- Ribuan Peserta dari berbagai unsur di Kabupaten Kepulauan Talaud mengikuti Apel Kebangsaan Nusantara di Lapangan Sangkudiman Melonguane, Rabu (30/­11) sejak pukul 08.45 hingga 09.30 WITA.

Apel yang digelar serentak hampir di seluruh wilayah tanah air ini, dilaksanakan dalam rangka menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), khususnya kali ini di Kabupaten Kepulauan Talaud.

Dalam seruannya mewakili Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat, Ketua DPRD Talaud George Rompah SPd menyampaikan, setelah­ mencermati situasi perkembangan saat ini, maka dengan memohon hikmat dan rahmat kepada Tuhan yang Maha Esa, pemerintah daerah dan seluruh elemen masyarakat di tanah Porodisa bersatu padu dalam kebulatan tekad menyerukan kepada seluruh warga dari Tinonda sampai Napombaru untuk setia mendukung dan bersatu mempertahankan empat pilar kebangsaan, ketertiba­n dan keamanan. "Kita menyerukan bahwa Pemda dan masyarakat setia kepada NKRI, Pancasila, UUD 1945 dan Bhineka Tunggal Ika, mendukung dengan sepenuhnya Pemerintah Republik Indonesia dan menolak dengan tegas segala upaya menjatuhkan pemerintah RI, menolak dengan tegas segala bentuk kegiatan yang berpotensi merusak suasana hidup bersama dalam keagamaan, suku, buday­a, ras dan keyakinan yang selama ini terpelihara dalam suasana hidup penuh kedamaian," tega­s Rompah.

Dirinya menambahkan, bahwa Pemerint­ah dan seluruh elemen masyarakat dengan tegas menyerukan bahwa semua kegiatan keagamaan dari semua agama dan keyakinan di Talaud yang tidak bertentangan dengan Pancasila dan UUD 1945, wajib dilindungi dan dijamin kenyamanan dan keamanannya. "Kabupaten Kepulauan Talaud adalah kabupaten yang hidup rukun dan damai, bersatu padu terus memelihara ketertiban masyarakat, kerukunan­ hidup antar umat beragama dan tidak membeda-bedakan suku, budaya, ras, agama dan keyakinan," ujar Rompah.

Di kesempatan yang sama ,Ketua KNPI Kabupaten Kepulauan Talaud yang baru terpilih, Jahja S Alotia SE mengatakan, untuk menjaga NKRI khususnya di Kabupaten Kepulauan Talaud, dibutuhkan pemuda yang kuat untuk menjaga wilayah perbatasan. "Oleh karena itu saya mendorong agar pemuda-pemuda yang ada di kabupaten Talaud wajib mempertahankan Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, dan NKRI, karena itu adalah harga mati dan hendaklah melekat dalam diri kita," ucap Alotia

Selain menggelar Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu di Lapangan Sangkudiman Melonguane, kesempatan itu juga dilaksanakan penandatanganan seruan kebangsaan oleh sejumlah elemen. Naskah seruan tersebut ditandatangani oleh Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip yang diwakili Sekretaris Daerah Ir Adolof Binilang ME, Ketua Dekab Talaud George Rompah SPd, Danlanal Melonguane Letkol (Mar) MohMaftukin, Pabung Ko­dim 1301 di Talaud Mayor (Inf) Sigfried Panaha SSos, Kapolres diwakili oleh Kabag Ops Polres Talaud Dewa Bawa, Tokoh Agama Islam Haji Hajrianto, Tokoh Agama Kristen Pdt AJ Rompah-Larinse STh, Tokoh Agama Katholik Frater Alfred Pangalila, Sekretaris­ Dewan Adat Ramly Adam SPd, dan Ketua DPD II KNPI Talaud Jahja Alotia.

Usai seruan kebangsaan, kegiatan kemudian dilanjutkan dengan menyanyikan lagu kebangsaan, doa yang dibawakan oleh Kepala Kantor Kementerian Agama Haji Hasanuddin Takalondokang SPdI dan yang terakhir adalah foto bersama semua unsur.

Berdasarkan pantauan, kegiatan ini dihadiri oleh jajaran Pemkab Talaud, Tokoh Islam, Tokoh Agama Kristen, Tokoh Agama Katholik, Unsur Adat, KNPI, Polres Talaud, Bri­mob, TNI AL dan TNI AD, pejabat instansi vertikal, para pelajar dari tingkat SD sampai SMA/SMK, dan undangan lainnya.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 30 November 2016 , ,

0 komentar for "Apel Kebangsaan Nusantara Bersatu Dihadiri Ribuan Peserta dari Berbagai Elemen"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional