Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wow!!, Bantuan Benih Jagung Diduga Dikomersilkan Kelompok Tani Abal-abal

Bibit Jagung. /Ist

Mitra, detiKawanua.com
- Beredarnya dugaan sengaja dikomersilkannya benih jagung bantuan untuk kelompok tani, langsung mendapatkan perhatian dari sejumlah tokoh masyarakat (tomas) yang ada di Minahasa Tenggara (Mitra).

Salah satunya yakni Alex Jangin langsung angkat bicara bahkan menyayangkan jika dugaan tersebut memang benar terjadi, tentunya petani di Mitra sangat dirugikan terlebih dalam meningkatkan produksi pertanian.

"Jika memang ada kelompok tani abal-abal yang sengaja mengkomersilkan, ini harus mendapat perhatian serius dari Pemkab Mitra, karena menyalurkan bagi kelompok tani yang tidak tepat," ucap Jangin.

Bagaimana mereka menanam, kalau lahan saja tidak ada. Jadinya ketika mendapat bantuan benih, mereka jelas menjual hanya untuk kepentingan pribadi," kata Jangin.

Dirnya juga mengatakan, seharusnya dalam seleksi kelompok tani, SKPD terkait harus lebih selektif sehingga hal-hal seperti ini tidak terjadi. "Pasti instansi terkait tidak verifikasi dan kurang mengawasi penyaluran bantuan bagi kelompok, makanya kelompok tani berani menjual benih jagung," tuding Jangin.

Jangin bahkan menantang Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan (Kadistanak)  Mitra, Elly Sangian untuk mengusut praktek yang tentunya sangat merugikan tersebut. "Pak Kadis harus menyikapi hal ini. Jika terbukti, harus ada tindakan tegas," tantang Jangin, yang juga menduga adanya permainan orang dalam dalam dikomersilkannya bantuan tersebut hingga keluar Mitra.

Selain pihak Distanak, pihak BP4K juga mendapat desakan dari Jangin, dengan meminta untuk mengantisipasi serta memverifikasi secara ketat kelompok tani yang dikukuhkan, agar kejadian seperti itu agar tidak terulang. Karena pihak BP4K yang berhubungan langsung dengan kelompok tani,

"BP4K harus lebih jeli dalam verifikasi dalam pembuatan kelompok, kalau ada indikasi mencurigakan lebih baik tidak dikasih, karena masih banyak kelompok tani yang perlu dibantu," tuturnya.

Sementara, Sangian dalam keterangannya beberapa waktu lalu kepada wartawan, mengatakan, pihaknya akan mengusut dugaan adanya kelompok tani yang telah melakukan penjualan benih Jagung.

"Tentu hal ini akan kami usut kebenarannya. Karena tentunya tidak dibenarkan bantuan benih bagi kelompok dikomersilkan," pungkas Sangian.

(Indri)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 25 Oktober 2016 ,

0 komentar for "Wow!!, Bantuan Benih Jagung Diduga Dikomersilkan Kelompok Tani Abal-abal"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional