Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau

Ratusan Bakal Calon Sangadi se Boltim Ikuti Tes

Ratusan Bakal Calon Sangadi Boltim sedang ikuti tes ujian.

Boltim, detiKawanua.com
- Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), akan segera melaksanakan Pemilihan kepala desa (Sangadi-red) secara serentak di 63 desa.

Oleh karena pemilihan Sangadi tersebut, 231 Bakal Calon Sangadi (Bacasang) yang tersebar di 7 Kecamatan, mengikuti tes tertulis yang merupakan salah satu syarat untuk mengikuti pertarungan di pemilihan Sangadi serentak, yang direncanakan berlangsung pada November mendatang. 

Tes tertulis dimaksud, berlangsung di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Boltim, Kamis (20/10), dan dibuka secara resmi oleh Bupati Sehan Salim Landjar SH.

Di hadapan para peserta tes tertulis, Bupati menyampaikan, bahwa Sangadi adalah perpanjangan tangan dan kepercayaan Bupati sehingga bertanggung jawab langsung kepada Bupati selaku user. "Sangadi tidak ada visi dan misi, yang ada adalah visi dan misi Bupati yang wajib diimplementasikan oleh Sangadi terpilih nantinya," ungkap Bupati Landjar.

Bupati juga menekankan kepada para bakal calon Sangadi, terkait kualitas wajib seorang pemimpin yaitu kejujuran. Kata Dia, masih lebih baik tidak pintar tapi jujur, daripada pintar tapi pembohong. "Kalau pintar tapi pembohong, yang jadi korban banyak orang. Namun, jika tidak pintar tapi jujur, maka yang kena dampak hanya dirinya sendiri," terangnya.

Selanjutnya, Bupati menyebutkan sejumlah kriteria yang harus dimiliki Sangadi sebagai seorang pemimpin yaitu Ilmu pengetahuan, kepribadian, kemampuan atau kapabilitas, visi pandangan berupa wawasan, jujur dan mempunyai rasa malu yang tinggi. "ini sangat penting. Karena, ke depan para Sangadi akan mengelola Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD) yang semakin besar jumlahnya dan tentunya itu harus dikelola oleh pemimpin yang mempunyai integritas tinggi," papar Bupati.

Terinformasi, tes kompetensi bakal calon Sangadi tersebut meliputi pengetahuan (knowledge), kemampuan (kapabilitas), kepribadian, wawasan, kecakapan serta kejujuran.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 20 Oktober 2016

0 komentar for "Ratusan Bakal Calon Sangadi se Boltim Ikuti Tes"

BERITA TERBARU

KESEHATAN

SOSIALBUDAYA

Lingkungan

Internasional