Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Proakatif Urus Administrasi Dana Desa

Dana Desa (Ist)

Bolmong, detiKawanua.com – 
Hingga kini (23/10), Aparat desa di Bolaang Mongondow (Bolmong) diingatkan agar proaktif melakukan pengurusan administrasi dana desa. Sebab, jika dana desa tidak dicairkan, berarti mebhambat program pembangunan.

Bupati Adrianus Nixon Watung menjelaskan,  program dana desa ini merupakan salah satu program terbaik yang dicetuskan pemerintahan pusat dengan tujuan membangun negeri yang di mulai dari pelosok. “Sehingga, jika ini tidak mendapat dukungan yang baik dari lapisan pemerintahan terbawah, maka ini akan berpengaruh buruk pada kelangsungan pembangunan di desa,” katanya.

Dia menjelaskan, program dana desa ini sangat membantu pemerintah baik provinsi maupun kabupaten. “Sebab, dana ini guna mencukupi kebutuhan pembangunan di desa yang belum terakomodir di anggaran pendapatan belanja daerah (APBD). Sehingga, program dana desa harus dimanfaatkan sebaik-baiknya . Makanya sangat disayangkan jika desa tidak menerima dana ini hanya karena kelalaian,” ujarnya.

Selain itu, pemerintah kecamatan (Pemkec) harus memberi support dan megarahkan desa-desa yang masih kesulitan memenuhi administrasi. “Jika ada permasalahan maka harus dicarikan solusi bersama,” ujarnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Ashari Sugeha, menjelaskan di Bolmong sendiri, kenaikan dana desa terjadi pada 2016 ini. Kenaikan dana yang diperuntukkan bagi pembangunan desa itu mencapai dua kali lipat dari sebelumnya atau mengalami kenaikan sebesar 100 persen. Jika pada 2015 Bolmong mendapat kucuran  Rp53 miliar, maka pada 2016 ini jumlah tersebut meningkat signifikan mencapai Rp119. Dana itu telah dikucur ke kas daerah masing-masing untuk dana desa tahap satu sebesar Rp62,2 miliar dan dana desa tahap dua ini sebesar Rp47,6 miliar. “Itu untuk 200 desa di 15 kecamatan di Bolmong,” katanya.


Ia pun mengajak seluruh elemen yang terkait dalam pengelolaan dana desa harus kompak dan bekerja sesuai tugas dan tanggungjawab. Selain itu, ia mengingatkan agar dalam pengelolaannya selalu berpedoman kepada aturan yang ada. “Ini tantangan bagi masyarakat desa. Butuh ketelitian dalam pelaksanaan program. Makanya butuh kebersamaan dan partisipasi aktif masyarakat dalam mengelola dana desa ini,” ujarnya. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 23 Oktober 2016

0 komentar for "Proakatif Urus Administrasi Dana Desa"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional