Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Perkara Audiens? Tipikor Polda Sulut Geledah Kantor Pemkab Bolmong


Nampak Gambar Anti Korupsi (Ist)

Bolmong, detiKawanua.com - Kepolisian Daerah (Polda) Sulut, terus menunjukan eksistensinya untuk mengusut tuntas berbagai perkara korupsi yang sedang ditangani. Salah satunya perkara dugaan korupsi Dana Audiens Bupati dan Wakil Bupati Bolmong, Tahun Anggaran (Ta) 2012 dan 2013, Rp.3,1 milliar dan Rp.1,053 milliar. Tipidkor Polda Sulut  langsung melakukan penggeledahan di Kantor Pemkab Bolmong, Rabu (05/10).

Setelah memeriksa sejumlah saksi, mulai dari PPTK Audiens, Ismar Damopolii, Bendahara Pengeluaran Sekretariat Daerah Pemkab Bolmong, Yosi Piraesesa, Kadis Perhubungan (Pada 2012 menjabat sebagai Kabag Umum,red) Eka Korompot, Kabag Umum Uki Paputungan, Asisten 3 yang juga selaku Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) Setda Bolmong, Ulfa Paputungan, termasuk juga mantan Bupati dan Wakil Bupati Bolmong.

Tim Tipidkor Polda Sulut, yang dipimpin oleh AKBP Fernando Gani Siahaan tersebut, terdiri dari 8 orang. Mereka melakukan penggeledahan sejak pukul 09.00, hingga 15.30 wita. Sebanyak 3 ruangan yang ada di Pemkab Bolmong, menjadi sasaran penggeledahan, yakni ruangan Kabag Umum, Kabag Keuangan serta Asisten 3.

Sayangnya, usai melakukan penggeledahan tim Tipidkor tersebut tidak bersedia untuk dimintai keterangan oleh para awak media yang menunggu di lantai I Pemkab Bolmong. Sementara, Kepala Bidan (Kabid) Hubungan Masyarakat (Humas) Polda Sulut, Kombespol Marzuki, saat dikonfirmasi membenarkan soal penggeledahan tersebut. Menurut Marzuki, penggeledahan itu berkaitan dengan perkara Audiens. “Ia ada penggeledahan dari Tim Tipidkor Polda Sulut di Kantor Pemkab Bolmong. Tim menggeledah untuk melengkapi bukti-bukti,” terang Marzuki.

Terpisah, Kepala Lembaga Ilmu Penelitian Hukum Bolmong, Sofyanto saat dimintai tanggapan mengaku, sangat mensuport langkah yang diambil Polda. Menurut Sofyanto, segala bentuk pelanggaran hukum yang terjadi memang harus diseriusi oleh penegak hukum. “Kiranya perkara ini bisa menjadi perhatian dari seluruh pejabat yang ada di Pemkab Bolmong, agar dalam menggunakan anggaran daerah harus lebih berhati-hati,” terangnya.

Senada ditegaskan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Solidaritas Nasional Anti Korupsi dan Anti Makelar Kasus (SNAK MARKUS), Zainal Mooduto SH, terkait kedatangan Tim Tipidkor Polda Sulut di Kantor Sekretariat Daerah itu jika benar untuk menindaklanjuti dugaan kasus dana Audiens, dikatakanya, maka harus diproses sesuai mekanisme hukum. “jika begitu, maka semuanya harus diserahkan kepada pihak yang berwajib dan diproses sesuai peraturan hukum yang berlaku,” tegas Zainal.


Diketahui, sebelumnya kasus ini mencuat ketika Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) kembali menemukan adanya penggunaan dana yang terindikasi tidak sesuai dengan nilai realisasi pada TA 2012 dan TA 2013. Sejumlah saksi yang terkait dengan perkara ini pun sudah mulai diperiksa oleh penyidik Tipidkor Polda Sulut. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 06 Oktober 2016 , , ,

0 komentar for "Perkara Audiens? Tipikor Polda Sulut Geledah Kantor Pemkab Bolmong"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional