Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

OD Jadi Irup Apel Akbar Baguna PDIP di Sulut

Gubernur Sulut, Olly Dondokambey saat menjadi Irup dalam apel akbar Baguna/Ketua DPP Baguna, Sadarestuwati dan Ketua Baguna Provinsi Sulut, Adriana Dondokambey (tengah,red).

Manado, detiKawanua.com - Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) menjadi pilot project Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) guna misi sosial kemanusiaan dalam penanggulangan bencana. Gubernur Sulut, Olly Dondokambey selaku inspektur upacara (Irup) dalam memimpin apel akbar Baguna Provinsi Sulut yang berlangsung di kompleks lapangan Megamas Manado, Minggu (23/10) sore ini.

Sebelumnya melalui Ketua DPP Baguna, Sadarestuwati bahwa ditunjuknya Provinsi Sulut pada Minggu (23/10) sore ini untuk dilakukan pengukuhan pengurus Baguna Provinsi dan Kabupaten Kota se-Sulut sekaligus digelar apel akbar karena untuk menindaklanjuti hasil MoU antara DPP melalui Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri bersama Basarnas dan BMKG.

"Kegiatan hari ini pertama kali dan ditindaklanjuti usai penandatanganan MoU antara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarno Putri dan Baguna pada waktu lalu," kata Sadarestuwati yang didampingi Sekjen Baguna, Max Ruland Boseke bersama Ketua DPD Baguna Sulut, Adriana Ch Dondokambey di lokasi apel akbar Baguna lapangan Megamas Manado.

Selain itu, tujuan dari Baguna sendiri pada intinya melatih dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) sehingga dapat diandalkan dalam penanggulangan bencana.
"cepat, tanggap dan cekatan menangani permasaalahan seperti, banjir, gunung meletus dan tanah longsor," terang Ketua komisi V dari PDIP itu.

Sementara itu melalui Ketua Baguna Provinsi Sulut, Adriana Ch Dondokambey mengatakan harapannya dengan dikukuhkan Baguna Sulut bisa menjadi organisasi sosial kemanusiaan yang dapat merespon bencana dengan cepat di Bumi Nyiur Melambai dan daerah sekitarnya.

"Yang akan dikukuhkan ada 100 pengurus dan untuk penerima bantuan ada 500 Lansia di Sulut. Kedepan Baguna ini juga akan ada pelatihan-pelatihan dilakukan di masyarakat," kata Adriana yang juga merupakan anggota DPRD Provinsi Sulut.

Diketahui untuk peserta apel akbar diikuti dari pengurus Baguna, Kepolisian Air (Polair), SatPolPP, Basarnas, BMKG dan PMI Sulut serta dihadiri Wakil Gubernur Sulut, Steven Kandouw, Sekertaris Provinsi, Edwin Silangen, Ketua DPRD Provinsi, Andrei Angow dan BNPB diwakili BPBD provinsi Sulut.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 23 Oktober 2016 , ,

0 komentar for "OD Jadi Irup Apel Akbar Baguna PDIP di Sulut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional