Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Cegah Kanker Sedini Mungkin,YSKI Sosialisasi di Talaud

Ilustrasi.

Talaud, detiKawanua.com
- Untuk mengantisipasi dan mencegah kanker Yayasan Sosialisi Kanker Indonesia (YSKI) melaksanakan sosialisasi di berbagai tempat, termasuk Kabupaten Kepulauan Talaud.

Hal ini diungkapkan Nur Aini AmdKeb, salah seorang penyuluh yayasan tersebut, saat ditemui usai melaksanakan sosialisasi kepada sedikitnya 15 orang Ibu-ibu Dharma Wanita Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pemkab Talaud di Aula Disbudpar.

Dalam kegiatan ini yang dilakukan pihaknya hanya sebatas penyuluhan, memberikan bantuan bagi penderita kanker dan pembibitan gratis.

"Kami hanya melakukan sosialisasi. Tidak mengobati penderita. Bantuan yang yayasan berikan hanya untuk meringankan beban. Contohnya, kami memberikan uang 2 sampai 3 juta. Jadi bukan untuk pengobatan. Tapi meringankan beban," terang Nuraini.

Selain Disbudpar, kegiatan ini telah dilaksanakan di sejumlah instansi, seperti Dinas Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD), Dinas Sosial (Dinsos), Badan Pusat Statistik (BPS) Talaud, Kepolisian Resort (Polres) Talaud, sekolah-sekolah dan tempat ibadah.

Dijelaskannya, untuk Kabupaten yang berbatasan dengan negara Filipina ini, baru satu tim yang diturunkan. Tapi tak menutup kemungkinan ada penambahan, mengingat daerah kepulauan ini memiliki luas yang cukup besar dan terbagi atas pulau-pulau yang jaraknya berjauhan.

"Baru kami berdua, saya dan rekan Juan. Akan ada penambahan tim, karena Talaud terbagi atas 19 kecamatan yang jarak antar satu tempat ke tempat yang lain jauh. Kalau target dari yayasan tidak ada. Kami bekerja sebisa kami," ungkapnya.

Juan Wijaya Kusuma SKep, penyuluh lainnya menambahkan, sosialisasi kanker ini tidak terbatas pada satu jenis kanker saja. Tetapi semua kanker, baik serviks, payudara dan lain sebagainya.

"Diharapkan masyarakat Talaud dapat mendeteksi sedini mungkin gejala-gejala kanker, agar terhindar dari penyakit tersebut. Kanker ada stadium lanjut. Jadi masyarakat kiranya dapat mendeteksi dan mengantisipasinya," ujar Juan.

Sementara itu di tempat yang sama, Ketua Dharma Wanita Disbudpar Mariati Awaeh mengucapkan terima kasih atas upaya dan gagasan yang dilaksanakan YSKI ini. Menurutnya, lewat apa yang dilakukan, dapat memberikan manfaat bagi mereka kaum wanita.

"Sangat baik. Makasih untuk YSKI. Semoga lewat kegiatan ini, menjadi ekspektasi kami adalah terhindarnya masyarakat dari kanker, khususnya kami wanita," ucap Awaeh. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 02 Oktober 2016 , ,

0 komentar for "Cegah Kanker Sedini Mungkin,YSKI Sosialisasi di Talaud"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional