Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bantuan Tak Kunjung Cair, Sejumlah Warga Mengeluh ke DPRD Manado

Susana rapat dengar pendapat (hearing) antara BNPB Manado dan warga Kelurahan Sario Utara di ruang gabungan komisi DPRD Manado.

Manado, detiKawanua.com - Sejumlah warga yang berasal dari Kelurahan Sario Utara, Kecamatan Sario, Lingkungan II, Senin (24/10), mengeluhkan nasibnya ke Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Manado terkait penyaluran dana bantuan banjir bandang tahun 2014 silam.

Kepada wakil rakyat, mereka mengatakan bahwa Pemerintah Kota (Pemkot) Manado melalui dinas Badan Penanggulan Bencana (BNPB) Manado, terkesan pilih kasih dalam menyalurkan dana tersebut.

Sehingga, mereka meminta pihak dewan memfasilitasi perihal ini. Terlebih, menindaklanjutinya karena diduga terdapat konspirasi antara pihak-pihak tertentu untuk meraup keuntungan.

"Kami berharap masalah ini difasilitasi oleh pihak dewan. Sebab, dana tersebut tak kunjung dicairkan sejak pemerintah pusat mengucurkannya ke pemerintah kota Manado," kata Rompas selaku perwakilan warga.

Ditambahkan Rompas yang juga adalah korban banjir tersebut, dirinya tak masuk dalam daftar penerima bantuan seperti halnya sebagian warga kota Manado yang sudah menerima. Oleh karenanya, pihak BNPB Manado dimintanya untuk memberi penjelasan tentang mekanisme pencairan dana itu.

Ia pun menyentil kepala lingkungan (pala) yang dianggapnya satu di antara beberapa oknum yang diduga melakukan manipulasi data.

"Saat kena bencana, rumah kami ada yang rusak sedang dan rusak berat. Dan untuk rumah saya, bisa dikata rusak berat karena bangunannya memang roboh. Namun entah kenapa, kami tidak terdata sebagai penerima bantuan. Kami menduga oknum Pala yang menyusun data hanya pilih-pilih warga," tambahnya.

Menanggapi apa yang disampaikan Rompas, Hengky Kawalo berjanji akan terus mengawal pencairan dana tersebut sampai tuntas.

"Beberapa warga yang datang ke tempat ini, saya kenal betul. Mereka memang korban banjir bandang. Jadi menurut saya, tak ada alasan pemerintah kota dalam hal ini BNPB membuat dalih," ungkap politisi asal PDIP yang dikenal vocal ini.

Sebagaimana informasi yang didapat detiKawanua.com, pemerintah pusat telah mengucurkan dana sekitar Rp40 miliar kepada pemerintah kota Manado untuk diberikan ke warga korban banjir bandang tahun 2014 silam. 

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 24 Oktober 2016

0 komentar for "Bantuan Tak Kunjung Cair, Sejumlah Warga Mengeluh ke DPRD Manado"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional