Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Backup Iven Bulan Bencana, Dinkes Siap Fasilitas ICU Mini dan 200 Tim Kesehatan

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sulut, dr Jemmy Lampus.(isjo)  

Manado, detiKawanua.com - Menghadapi penyelenggaraan iven-iven besar bertaraf Internasional dan Nasional di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) tentunya segala fasilitas baik, tempat tinggal/hotel, keamanan, konsumsi serta keselamatan dan kesehatan harus menjadi item-item penting dalam menunjang pelaksanaan kegiatan tersebut. Salah satunya yang dipersiapkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Sulut dalam menyambut iven 29th Asean Community on Disaster Management (ACDM) dan Bulan Pengurangan Resiko Bencana (BPRB) Nasional 2016 pada tanggal 11-14 Oktober nanti, oleh Kepala Dinkes Sulut, Jemmy Lampus menggungkapkan telah menyiapkan sejumlah strategi guna sebagai wujud reaksi cepat kesehatan untuk membackup iven Internasional tersebut.

"Selain kami rutin melakukan rapat koordinasi dengan panitia lokal (Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sulut dan BNPB RI selaku panitia pusat, juga untuk persiapan teknis dikesehatan pun kami telah siapkan mulai dari rumah sakit darurat diwilayah seputaran Kota Manado hingga rumah sakit rujukan (RS Kandouw Malalayang)," terang Lampus kepada sejumlah wartawan, Jumat (07/10) tadi.

Dikatakanya telah Dinkes Sulut sudah memiliki sistem yang sudah teruji dalam mengikuti iven-iven besar, dimana khusus untuk iven bulan bencana ini menurut Lampus sudah melakukan rapat-rapat internal dengan mengundang pihak-pihak rumah sakit diseputaran Kota Manado.

"Tim kesehatan sekitar 150 - 200 dukungan petugas baik Perawat dan Dokter akan disebar kesemua titik lokasi kegiatan," katanya.

Selain itu fasilitas melayani masalah kegawat daruratan katanya akan disetting 'ICU Mini' dan rumah sakit lapangan untuk para peserta karena undangan/tamu VIP dan VVIP.

"Dalam hal kebencanaan kami memperhitungkan rumah sakit yang paling cepat atau rumah sakit yang tidak jauh dari lokasi kegiatan contoh, kalau kegiatannya di wilayah Mapanget itu ada RS Angkatan Udara dan kegiatan di Kompleks Mantos ada RS Siloam tapi tetap rumah sakit rujukannya di RS Kandouw," tandasnya sembari mengatakan tim kesehatan dari Dinkes Sulut akan bekerjasama dengan lembaga kesehatan lain seperti Palang Merah Indonesia (PMI) untuk pelaksanaan iven yang akan dihadiri Presiden RI Joko Widodo dan Menteri-Menteri ASEAN dengan perkiraan 3000an peserta.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 07 Oktober 2016 ,

0 komentar for "Backup Iven Bulan Bencana, Dinkes Siap Fasilitas ICU Mini dan 200 Tim Kesehatan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional