Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Tahun Ini, Ekonomi Kota Manado Diprediksi Menurun

Foto Ilustrasi. /Ist

Manado, detiKawanua.com - Pertumbuhan ekonomi Kota Manado pada tahun 2011 silam, berada pada angka 7,80%. Angka tersebut di atas pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), yang hanya tumbuh sebesar 6,17%, dan Nasional 6,2%.  

Pada tahun berikutnya, yakni tahun 2012, ekonomi Kota Manado menurun pada angka 7,11%. Namun demikian, penurunan ini masih melebihi pertumbuhan ekonomi Provinsi Sulut (6,86%) dan Nasional (6,0%).

"Di tahun 2013, ketika ekonomi Provinsi Sulut sedang mengalami penurunan, pertumbuhan ekonomi Kota Manado justru meningkat pada angka 7,22%. Meskipun di tahun 2014, ekonomi Kota Manado menurun hingga 6, 48%. Pertumbuhan ini masih membuat menempatkan Kota Manado tetap berada di atas angka Provinsi Sulut (6,31%) dan Nasional (5,0%)," kata Kepala Bapedda Kota Manado, Bartje Assa, saat dirinya dipercayakan untuk memaparkan pertumbuhan ekonomi Kota Manado dalam pembahasan KUA tahun 2016 bersama Banggar DPRD Kota Manado, Kamis (15/09), di Ruang Rapat Paripurna.

Sementara, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Kota Manado tahun 2016 berada pada angka 6,36%.

Dari angka-angka pertumbuhan dan penurunan di atas, Assa memprediksi ekonomi Kota Manado akan menurun hingga angka 5,8% - 6,2%.

"Ini berdasarkan pengamatan kami terhadap lesunya pertumbuhan di tahun kemarin, serta di tingkat provinsi dan nasional," ungkap Assa.

Pada tahun ini, tahun 2016, Pemerintah Kota (Pemkot) Manado memproyeksikan pertumbuhan ekonomi untuk disesuaikan menjadi 6,4% - 6,5%. Hal ini juga dengan jelas tergambar dalam dokumen KUA tahun 2016, yang dibahas dalam pertemuan tersebut di atas.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 16 September 2016 , ,

0 komentar for "Tahun Ini, Ekonomi Kota Manado Diprediksi Menurun"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional