Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sumur Warga Disinyalir Sebabkan Penyakit Menular, Satu Warga Meninggal Dunia

Ilustrasi. /Ist

Talaud, detiKawanua.com
- Penyakit diare di Kabupaten Kepulauan Talaud, terus mewabah. Pasalnya, sejak Agustus hingga September, kasus tersebut semakin bertambah dan telah menjadi kejadian luar biasa (KLB).

Kepala Bidang (Kabid) Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan (P2PL) Dinas Kesehatan (Dinkes), Talaud Fransina Awaeh MKes kepada detiKawanua.com mengatakan, berdasarkan penyelidikan  tim surveyans epidemiologi di bidangnya dan data yang ada, ternyata kasus diare telah terjadi mulai 30 Juli hingga 6 September 2016 dengan 54 kasus di 6 desa yang ada di Kecamatan Melonguane Timur, yakni Tule 19 kasus, Tule Utara 11 kasus, Tule Tengah 11 kasus, Bowombaru 6 kasus, Bowombaru Tengah 5 kasus, dan Bowombaru Utara 2 kasus.

"Dari 54 kasus tersebut, satu penderita asal Desa Tule telah meninggal dunia. Kasus ini telah ditetapkan menjadj kejadian luar biasa berdasarkan kriteria yang ditetapkan dalam Permenkes nomor 1501 tentang jenis penyakit menular tertentu yang dapat menimbulkan wabah dan upaya penanggulangan," jelas Awaeh.

Hingga saat ini, belum dapat dipastikan penyebab penyakit tersebut, karena masih menunggu hasil pemeriksaan sampel air di 6 sumur warga yang disinyalir menjadi penyebab penyakit menular ini.

"Kami telah mengirimkan sampel tersebut ke Dinas Kesehatan Provinsi pada Kamis (08/09) kemarin. Kasus inipun hanya terjadi di Kecamatan Melonguane Timur," ungkap ,senada dengan Sekretaris Dinkes Talaud Vemi Bawangun.

Dari data yang diperoleh, 25 Agustus 2016 lalu di instansì yang sama, tercatat dari 31 juli sampai dengan 25 Agustus 2016 kasus tersebut baru mencapai 41 kasus, yang artinya kasus tersebut mengalami peningkatan atau bertambah.

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 09 September 2016 , ,

0 komentar for "Sumur Warga Disinyalir Sebabkan Penyakit Menular, Satu Warga Meninggal Dunia"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional