Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pertanyakan Kinerja PDAM, Warga : Kapan Air Akan Mengalir di Minsel?

Pusat Penampung Air Bersih di Atas SMK 1 Amurang.

Minsel, detiKawanua.com
- Keresahan terus dialami oleh masyarakat yang menginginkan air bersih di rumahnya bisa berjalan. Ibarat kopi tanpa gula, begitulah rasanya tidak memiliki air bersih.

Inilah yang dialami warga kelurahan Bitung, Ranomea, dan Pondang di kecamatan Amurang. Sudah hampir 2 bulan warga menanti air bersih dari Perusahan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel), yang tidak kunjung tiba.

Salah satu warga Kelurahan Bitung Amurang, Rio Joseph mempertanyakan kinerja PDAM Minsel. Rio mengungkap, selang 2 bulan rumahnya yang terbiasa menggunakan air bersih dan yang tadinya berharap pada air minum PDAM yang merupakan pelanggan tetap PDAM Minsel, akhirnya merana karena Air bersih tidak keluar sampai saat ini. "Kasihan saya dan beberapa keluarga pelanggan air bersih PDAM Minsel, tidak lagi merasakan air hangat yang baik untuk digunakan di rumah. Saya kurang tahu apa sebenarnya penyebab tidak jalannya air bersih tersebut," ujar Rio.

Sementara Kabag Teknik PDAM Minsel Boy Oroh SE, ketika dikonfirmasi menjelaskan, sebenarnya ini hanya masalah teknis tapi sementara dilakukan perbaikan pada Instalasi Perbaikan Air (IPA) wilayah Amurang. Diakui Boy, kebocoran pipa di wilayah balai air bersih, mengakibatkan pihak PDAM harus memperbaiki pipa 10 inci dengan menggunakan alat sambung pipa HdPe yang berukuran 10 inci, yang merupakan alat pres pipa sambungan. 

"Pipa yang lagi bocor di beberapa titik, seperti di depan Pengadilan Amurang, sementara diperbaiki. Kerusakan yang dialami, juga disebabkan karena adanya proyek pelebaran jalan, sehingga terjadi perbaikan yang beruntun atau berulang -ulang," imbuh Boy.

Lanjutnya, perlu diketahui oleh pelanggan air bersih, pipa yang akan disambung adalah Pipa HdPe yang berukuran 10 inci. Sedangkan kerusahkan yang terjadi bukan hanya di pipa saja, tapi pada sumber penampung air bersih. "Masyarakat diharap bersabar, karena diusahakan minggu ini sambungan pipa yang menghubungan jaringan air bersih dari sumber mata air Pinaling akan terpasang, dan sudah bisa digunakan oleh semua pelanggan kecamatan Amurang dan Amurang Timur," pungkasnya Oroh.

(Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 20 September 2016 ,

0 komentar for "Pertanyakan Kinerja PDAM, Warga : Kapan Air Akan Mengalir di Minsel?"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional