Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pedagang Pinasungkulan Ditertibkan, Parasan: Itu Bukan Penertiban, Tapi Penggusuran

Legislator Manado, Benny Parasan. /Ist 

Manado, detiKawanua.com - Penertiban Pasar Pinasungkulan yang terletak di Kelurahan Karombasan pada Kamis (16/09) pekan lalu, dinilai Legislator Manado sebagai tindakan sepihak yang tak mestinya dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot).

"Penertiban ini saya pikir hanya sepihak. Sebab, kami sebagai dewan yang juga memiliki fungsi pengawasan, tidak diinformasikan. Kami baru tahu bahwa ada penggusuran selang beberapa saat setelah penertiban dilakukan," ucap anggota Komisi B DPRD Kota Manado, Benny Parasan, Senin (19/09).

Parasan pun menganggap bahwa lembaga legislatif yang merupakan representasi masyarakat untuk mengawasi jalannya roda pemerintahan, tak dianggap dalam hal ini. Sehingga, kepercayaan masyarakat menurut Parasan bisa saja berkurang kepad pihaknya: phak DPRD Kota Manado.

"Kejadian tersebut dapat mengurangi kepercayaan masyarakat kepada kami selaku wakilnya. Sebab, perihal ini merupakan contoh buruk setelah kami mengeluarkan rekomendasi, tapi ternyata tidak ditindaklanjuti oleh pemerintah kota melalui instansi terkait," kata Parasan mengeluh.

Lebih lanjut dijelaskannya, apabila mereka (Pemkot) akan melakukan penertiban, seharusnya diberitahukan kepada pedagang yang berjualan di lokasi itu, satu bulan sebelum dilakukannya penertiban. Bukan sebaliknya melakukan penertiban secara tiba-tiba. Parasan menganggap bahwa penertiban ini seperti melakukan penggusuran sebuah bangunan yang tak miliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

"Itu bukan penertiban, tapi penggusuran. Sebab dari informasi yang kami dapat, para pedagang yang tempatnya ditertibkan tidak diberitahu bahwa akan ada penertiban di saat itu," jelas Parasan.

Perlu diketahui, sejumlah pedagang yang berjualan di lantai dua pasar tersebut di atas, disinyalir menyalahgunakan tempat berdagang untuk tempat tinggal. Hal inilah kemudian membuat mereka ditertibkan oleh pemerintah melalui pengelola Perusahan Daerah (PD) Pasar Manado.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 19 September 2016 , ,

0 komentar for "Pedagang Pinasungkulan Ditertibkan, Parasan: Itu Bukan Penertiban, Tapi Penggusuran"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional