Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Kumpul Kontraktor dan SKPD, Bupati : Pacu Pekerjaan Proyek

Bupati Boltim, menyampaikan beberapa hal pada rapat evaluasi Kepala SKPD serta pihak ketiga.

Boltim, detiKawanua.com - Tindak lanjut atas rapat evaluasi serapan anggaran Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) beberapa hari lalu, Bupati Bolaang Mongondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar SH pada Kamis (29/09), mengundang seluruh Kepala SKPD serta pihak ketiga (kontraktor-red) untuk dievaluasi.

Dalam penyampaiannya, Bupati kembali menekankan kepada semua pihak, baik dari instansi selaku pengguna anggaran, PPK, PPTK, tim PHO maupun kontraktor, untuk mempercepat pekerjaan proyek fisik. Pasalnya, dalam sistem pengelolaan keuangan berbasis akrual seperti yang diterapkan oleh pemerintah saat ini, setiap pekerjaan per tahapnya harus segera dilaporkan untuk proses lebih lanjut, yakni pencairan keuangan. "Jangan sampai kalian lalai, dan memilih menggunakan uang pribadi untuk penyelesaian proyek. Hasilnya, saat ingin cair dananya tidak turun dari pusat karena tidak membuat laporan per tahapan lebih dulu," ujar Bupati.

Lebih lanjut, Bupati menegaskan, cukup banyak indikasi kecurangan yang sering terjadi antara pihak kontraktor dengan SKPD terkait. Hal ini dapat berakibat fatal pada pemeriksaan oleh Tim BPK nanti. "Jadi, dengan adanya evaluasi ini, maka kita tidak perlu was-was atau takut karena di sinilah wadahnya untuk bisa memperbaiki segala kekurangan dan kesalahan, baik dalam hal administrasi maupun pekerjaan di lapangan," terangnya.

Sebelumnya, Bupati sudah mengingatkan lewat rapat evaluasi beberapa waktu lalu, agar instansi terkait perlu bertindak tegas kepada pihak ketiga dalam hal memacu pekerjaan proyek. Penegasan ini perlu dilakukan, mengingat saat ini sudah masuk pada akhir tahun anggaran. "Jika ini tidak dilakukan, maka pasti akan berpengaruh pada dana transfer dari pemerintah pusat. Apabila realisasi fisik rendah, otomatis tidak dapat mengajukan transfer dana sesuai dengan realisasi yang disyaratkan," jelas Bupati Sehan.

Kegiatan yang digelar di lantai 3 kantor Setdakab Boltim ini, juga turut dihadiri oleh Ketua Tim TP4D yakni Kepala Kejari Kotamobagu Dasplin SH MH.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 29 September 2016

0 komentar for "Kumpul Kontraktor dan SKPD, Bupati : Pacu Pekerjaan Proyek"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional