Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Indahnya Perayaan Idul Adha di Perbatasan Indonesia

Jamaah Masjid Al - Anshar Lirung saat bersilaturahmi di depan Masjid menunggu pembagian hewan Qurban.

Talaud, detiKawanua.com - Momentum hari raya Idul Adha 1437 H sangat dinantikan oleh umat Islam di muka bumi ini, terlebih khusus di Kabupaten Kepulauan Talaud yang berbatasan langsung dengan Negara Tetangga yakni Filipina. Memang hanya di beberapa Desa/Kelurahan yang merayakannya, tapi semangat makna dari perayaan ini menjadi sangat penting bagi Jamaah Masjid Al - Anshar Lirung. Bertindak selaku Imam adalah Hj. Abdulrahman mengatakan, pada intinya perayaan ini sekalian dengan pembagian kurban adalah merupakan perayaan setiap tahunnya, dan di mana yang kaya dan miskin sama karena pembagiannya rata atas dasar prinsip keadilan. "Tahun ini mengalami peningkatan mengenai hewan Qurbannya dari 2 ekor menjadi 5 ekor," ungkap Adulrahman.

Lanjut, Ia menambahkan, harapannya ke depan kiranya kita lebih baik untuk masyarakat yang ada di Kepulauan Salibabu terkait perekonomian, karena dapat dilihat banyak Jamaah yang berprofesi sebagai pedagang harapannya dapat mengalami peningkatan usaha mereka, dan yang terpenting kebersamaan kita semua. "Mewakili Jamaah Islam yang mendiami Pulau Salibabu yang kemudian dikatakan Jamaah Masjid Al - Ansar, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE yang sudah memberikan bantuan Qurban sehubungan dengan hari raya Idul Adha," ujar Abdulrahman kepada detiKawanua.com, saat ditemui di lokasi peyembelian hewan Qurban.

Selesai Salat Idul Adha, Sekitar 1000 Jamaah Bersilaturahmi di Depan Halaman Masjid

Kegembiraan merayakan Idul Adha tidak sampai di situ. Sama seperti di daerah lainnya di Lirung juga mereka melaksanakan pemotongan hewan Qurban sebanyak 5 ekor sapi dan 1 ekor Kambing yang penyembelihannya dilakukan langsung oleh 6 orang panitia dari jamaah di Masjid setempat senin (12/09) yang kemudian dibagikan kepada warga berdatangan memadati halaman masjid.

Salah satu Jamaah Masjid Al - Anshar, Umar Muksin mengatakan, kegiatan berkaitan dengan pembagian daging Sapi ini sangat baik karena dapat membantu kami warga yang ekonominya boleh dikategorikan fakir miskin. "Kiranya untuk tahun mendatang lebih lagi ditingkatkan dan berharap pemerintah dapat memperhatikan kami di sini walaupun dilihat jumlah kami sedikit tapi kami bagian dari Indonesia yang tak terpisahkan, terlebih khusus Tanah Porodisa ini," terang Umar Warga Sereh, yang sekarang berumur 63 tahun.

Di tempat terpisah, Bupati Kepulauan Talaud Sri Wahyumi Maria Manalip SE melalui Kabag Humas Pemkab Talaud Firony Ungkey SPd, mengatakan, kiranya semangat Idul Qurban agar dijadikan inspirasi dan dorongan untuk intropeksi dan koreksi sejauh mana kita mampu berkorban untuk sesama, dan juga berkorban untuk daerah kita ini. "Marilah sama-sama kita menjaga ketentraman dan kebersamaan agar dapat tercipta kerukunan di antara kita semua, dan tidak lupa juga atas nama Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, dalam hal ini Ibu Sri Wahyumi Maria Manalip SE beserta jajaran, mengucapkan selamat hari raya Idul Adha 1437 H kepada umat Islam yang ada di Kabupaten Kepulauan Talaud," tutup Ungkey. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 12 September 2016 , , ,

0 komentar for "Indahnya Perayaan Idul Adha di Perbatasan Indonesia"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional