Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

HUT ke-349 Desa Tenga Dirayakan Dengan Kesederhanaan

Hukum Tua Desa Tenga foto bersama panitia HUT Desa Tenga ke-349.

Minsel, detiKawanua.com - HUT ke-349 Desa Tenga Kecamatan Tenga, Sabtu (17/09), menjadi satu hal yang berarti buat masyarakat setempat. Pasalnya, masyarakat usia lanjut pun menangis mengingat masa-masa yang lalu. Desa yang termasuk desa tertua ini, sudah melampaui puluhan generasi dirasa belum cukup membawa perubahan yang signifikan,

Salah satu tokoh masyarakat desa Tenga Max Tomas Lintang (85) justru merasa bersyukur desa sudah menginjak usia 349 tahun. "Saya tentu bersyukur, karena perkembangan desa dari tahun ke tahun sudah terlihat ada perubahan, bahkan kemajuan ini dirasakan oleh anak, cucu, cece," ungkap Lintang.

Namun menurut tokoh masyarakat, yang juga mantan hukum tua desa Tenga periode tahun 70-an ini, menjadi evaluasi ke depan Desa Tenga masih kurang akan Sumberdaya Manusia. "Meski SDA tersedia, tapi SDM masih kurang dalam memberikan sumbangsih pemikiran terhadap kemajuan desa secara keseluruhan," jelas Lintang

Tokoh Agama Desa Tenga Pdt Rio Tumbelaka MTh, menuturkan , HUT kali ini justru lebih menekankan pada keutuhan dari nilai kebersamaan kita dalam bermasyarakat dan bernegara. "Walaupun kita memiliki SDA dan SDM yang cukup, namun tidak menjaga kerukunan, semua itu percuma," ujar Tumbelaka, sembari menambahkan, dan jangan lupa pemerintah desa dengan berbagai potensi di desa kiranya menjadi modal bagi seluruh masyarakat dan pemerintah desa untuk bersatu memajukan desa Tenga.

Hukum Tua Desa Tenga Wempie Tumbelaka di sela-sela persiapan acara, mengaku HUT ke-349 tahun ini memang tak semeriah tahun-tahun yang lalu, namun kesederhanaan dalam perayaan ini kiranya dapat memaknai dengan suka cita terindah dalam kebersamaan. 

Menanggapi soal apa saja kegiatan yang dilakukan, Hukum Tua yang ada didampingi istri tercinta, menuturkan, Panitia telah mempersiapkan kegiatan oleh raga antar jaga. "Antara lain, panjat pinang, bola kaki mini, yang sudah biasa dilakukan tiap tahun," papar Tumbelaka.

Adapun Acara Syukur HUT desa Tenga dihadiri oleh Muspida, Camat Tenga, Koramil, Polsek Tenga, tokoh masyarakat, BPD, LPM dan tokoh agama desa Tenga, serta undangan pemerintah desa lain di sekitar desa Tenga.

(Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 18 September 2016 ,

0 komentar for "HUT ke-349 Desa Tenga Dirayakan Dengan Kesederhanaan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional