Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

H-3 Idul Adha, Pemda Boltim Siapkan Puluhan Ekor Hewan Qurban

Ilustrasi hewan qurban. /Ist

Boltim, detiKawanua.com
- Perayaan Idul Adha yang jatuh pada tanggal 12 September pekan depan, maka Pemerintah kabupaten Bolaang Mongondow Timur ( Boltim), saat ini telah memiliki puluhan hewan ternak untuk dijadikan qurban (disembelih-red) pada perayaan Idul Adha.

Saat ini jumlah sementara ada sekitar 15 ekor hewan ternak (sapi) yang ada dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) masing-masing dinas serta instansi lainnya di lingkup Pemda Boltim. "Kita sudah miliki sekitar 15 ekor hewan qurban, dari Dinas dan instansi yang melaporkan hewan qurban mereka masing-masing," ujar Kepala Bagian Kesos Boltim, Mahmud Mokoagow.

Dari puluhan ekor hewan qurban tersebut, juga masih terdapat hewan (sapi) pemberian dari Bupati Boltim, dan Wakil Bupati. "Dipastikan dari pak Bupati dan Wabup besok sudah ada. Sedangkan untuk Sekda Boltim sudah ada 2 ekor sapi. yang ada saat ini, di pihak masing-masing dinas ada 6 ekor, sementara yang lainnya kemungkinan besok hewannya sudah ada semua. Kalau Dinas besar itu mereka berikan satu ekor sedangkan instansi kecil mereka gabung," terang Mahmud kepada awak media (09/09).

Dirinya menambahkan, tahun lalu terdapat 21 ekor hewan qurban dari Pemda Boltim. Nah, kita optimis di tahun ini bisa lebih jumlahnya dari tahun kemarin untuk hewan qurban. "Walaupun, harga hewan qurban dinilai merangkak naik di tahun ini, namun Saya yakin untuk jumlah hewan qurban tahun ini lebih banyak ketimbang tahun sebelumnya. untuk pemeriksaan kesehatan hewan itu dilakukan dokter hewan bersama Distanak Boltim dan mereka sudah melapor guna pemeriksaan kesehatan serta higienis daging hewan qurban, yang nantinya dikonsumsi oleh warga masyarakat muslim yang layak menerima dan warga pada umumnya. Sabtu besok jadwal pemeriksaan hewan," jelas Mahmud.

Sebelumnya, Kepala Distanak Boltim Ramlah Mokodompis juga mengatakan, bahwa mekanisme pemeriksaan kesehatan ternak kita lakukan Jumat-Sabtu. "Kita sudah laksanakan penyuluhannya, tinggal melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap ternak yang nanti akan dijadikan qurban pada Jumat, dan Sabtu besok," ucap Ramlah kepada awak media, saat disambangi di kantornya kemarin.

Dirinya menambahkan, berdasarkan agenda kegiatan terkait dengan pemeriksaan kesehatan hewan ternak tersebut, pihaknya telah membagi dua wilayah, dimana untuk kecamatan Kotabunan, Tutuyan, dan Nuangan akan dipusatkan di Tutuyan. Sedangkan untuk Kecamatan Modayag bersatu akan dipusatkan di Modayag. "Pemeriksaan kesehatan kita bagi dua wilayah, yakni di Kecamatan Tutuyan dan Kecamatan Modayag. Jadi, Jumat kita fokus di wilayah Kecamatan Tutuyan dan Sabtu ke Kecamatan Modayag. Tentunya kami berharap, disamping persyaratan secara syariah, daging qurban nanti harus sehat dan layak dikonsumsi oleh warga masyarakat," ucap Ramlah.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 09 September 2016 ,

0 komentar for "H-3 Idul Adha, Pemda Boltim Siapkan Puluhan Ekor Hewan Qurban"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional