Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

BPBD Bolmong Wapadai Wilayah Rawan Bencana Tsunami

Peta Bencana Rawan Tsunami (Ist)
Bolmong, detiKawanua.com Di Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) diantaranya tercatat enam Kecamatan dan 73 Desa melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ternyata menjadi titik rawan tsunami.
Kepala Badan (Kaban) BPBD Bolmong, Channy Wayong mengatakan, “enam kecamatan dan 73 desa masuk dalam kategori rawan tsunami. Wilayah itu merupakan wilayah pantai utara Pantura,” terangnya.
Lanjunya, dengan kategori tersebut, Memang Bolmong termasuk dalam kategori daerah rawan tsunami di Sulut. Sehingga warga yang tinggal di lokasi pesisir harus tetap waspada jika terjajdi tanda-tanda terjadinya tsunami. Hingga itu, kalaupun terjadi gempa berasal dari laut, diharapkan warga yang tinggal di pesisir agar secepatnya mencari tempat letaknya berada di ketinggian.
“Bencana bisa terjadi kapan saja. Makanya kalaupun ada gempa yang berasal dari laut BMKG Sulut langsung berkoordinasi dengan BPBD. Apalagi terjadinya gempa tidak biasa diprediksi,” kata Kaban BPBD.

Namun, dengan himbawan kategori potensi tsunami tersebut, salah satu warga Desa Bolaang, Kecamatan Bolaang Timur berhararap, secepatnya pemerintah memberi pemberitahuan jika adanya tanda-tanda tsunami. “Paling tidak harus ada pemberitahuan sedini mungkin. Supaya masyarakat tinggal di daerah pesisir bisa secepatnya mengungsi,” ujar Yusri. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 17 September 2016

0 komentar for "BPBD Bolmong Wapadai Wilayah Rawan Bencana Tsunami"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional