Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Benarkah PT SEJ MINSEL Sudah Kantongi IPPKH dan Siap Produksi ???

Papan Nama Gudang Handak PT. Sumber Energi Jaya (SEJ).

Minsel, detiKawanua.com - Terbelit persoalan Ijin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH) PT Sumber Energi Jaya (SEJ) yang terletak di Site Ranoyapo desa Karimbow kecamatan Motoling Timur kabupaten Minsel, ternyata sejak tahun 2010 sampai saat ini (sudah 6 tahun, red) perusahaan tersebut hanya pegang Ijin Usaha Pertambangan Oprasi Produksi (IUP-OP). Namun sayangnya belum juga melakukan kegiatan produksi meski sudah ada IUP-OP.

Keterangan beberapa masyarakat Tokin dan Karimbow, kegiatan eksploitasi perusahaan terus dilakukan, karena terindikasi beberapa tanah milik warga yang letaknya tidak jauh dari lahan yang sudah dilakukan kompensasi, adanya aktivitas perusahaan dengan cara-cara kurang terpuji, seperti menggunakan bahan peledak, dan terjadi sudah lama. 

Terkait hal tersebut, beberapa tokoh masyarakat mempertanyakan eksistensi PT SEJ di Minsel yang hanya memiliki IUP-OP.

Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Minsel, Dorkas Singgala menegaskan, perusahaan tambang PT SEJ memang belum melakukan produksi, karena terganjal Ijin IPPKH. Tapi saat ini PT SEJ hanya memiliki IUP-OP. Itu berarti ada beberapa tahapan kegiatan yang harus dilakukan, di antaranya konstruksi, infrastuktur jalan, dan lain-lain.

"Memang PT. SEJ belum miliki IPPKH, karena ijin ini harus dikeluarkan oleh Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. PT SEJ sudah mengurus ijin tersebut sejak 2010 lalu, karena 80% wilayah tambang adalah daerah kawasan hutan produksi. Tapi seingat saya bulan Februari tahun ini, ijin itu sudah keluar tapi belum serta merta perusahan berproduksi, mungkin saja ada persiapan lain dari perusahan untuk masuk pada sistem produksi modern," tukasnya.

(Vandytrisno)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 19 September 2016 , ,

0 komentar for "Benarkah PT SEJ MINSEL Sudah Kantongi IPPKH dan Siap Produksi ???"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional