Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Bahas Bencana se-Internasional, Oktober Presiden RI dan 5.000-an Peserta Datangi Sulut

Wakil Gubernur Sulut, Drs Steven OE Kandouw saat memberikan sambutan rakor pematangan kesiapan pelaksanaan iven Internasional ACDM-PRB bersama Kepala BNPB RI, Willem Rampangiley. (ist)

Manado, detiKawanua.com - Selama tiga hari yakni tanggal 11 hingga 13 Oktober bulan depan selaku tuan rumah, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) bakal dipenuhi hingga 5.000 peserta baik se-Indonesia maupun Internasional untuk membahas atau melakukan rapat koordinasi (Rakor) persoalan antisipasi dan pengurangan resiko bencana yang sesuai agenda akan dibuka langsung Presiden RI Joko Widodo.

Kepala BNPB RI, Willem Rampangiley mengatakan, momentum nasional dan internasional tersebut adalah The 29th ASEAN Committee on Disaster Management (ACDM) and Other Related Meeting 2016 sekaligus peringatan hari Pengurangan Risiko Bencana (PRB), dimana rakor tersebut bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahaya bencana serta meningkatkan kemampuan pemerintah untuk mengatasi bencana.

"Dampak atau kejadian bencana selalu berimbas kemulti sektor, baik itu kehilangan jiwa, kerusakan dan kerugian sosial, budaya, ekonomi bahkan pariwisata sekaligus. Guna meminimalisir dampak yang nantinya ditimbulkan itu maka peningkatan antisipasi kapasitas pemerintah dan masyarakat pun perlu terus ditingkatkan,"terang Rampangiley dalam rakor kesiapan pematangan bersama Pemprov Sulut yang dibuka Wakil Gubernur Sulut, Steven OE Kandouw di aula Mapaluse Kantor Gubernur, Kamis (08/09) siang tadi.

Sementara itu, Wagub Sulut Steven OE Kandouw dalam sambutannya mengakui Provinsi Sulut sudah siap dalam kegiatan internasional untuk membahas soal penanganan bencana, dimana hal itu memang sangat diperlukan untuk yang salah satu faktornya dalam mendukung icon sektor pariwisata di Sulut.

"Sulut siap dengan iven bertaraf internasional ini, koordinasi Pemprov dan pemerintah pusat juga terus dimaksimalkan untuk mensukseskan iven bertaraf internasional ini,"terang Kandouw.

Diketahui hadir pula dalam rapat tersebut Kepala BPBD Sulut, Nouldy Liow serta jajaran BPBD Sulut, dimana tiga titik lokasi pelaksanaan peringatan bulan PRB berada di Kota Manado seperti di Manado Convention Center (MCC), Lapangan KONI dan Kantor Gubernur, dengan kegiatan pendukung lainnya seperti pameran, site event, penganugerahan tangguh award, gelar relawan, evakuasi mandiri, konservasi terumbu karang hingga rally PRB.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 08 September 2016 , ,

0 komentar for "Bahas Bencana se-Internasional, Oktober Presiden RI dan 5.000-an Peserta Datangi Sulut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional