Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Soal Sengketa Pilkada Manado, Yusril: Kuncinya Hanya KPU Pusat

Pakar Hukum dan Tata Negara (HTN) RI, Yusril Ihza Mahendra. /Ist

Manado, detiKawanua.com - Sidang sengketa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Manado untuk yang kesekian kalinya kembali digelar oleh Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Manado, Selasa (02/08) kemarin.

Namun, sidang kali ini berbeda dengan sidang-sidang sebelumnya. Pasalnya, pakar Hukum Tata Negara (HTN) RI, Yusril Ihza Mahendra, dihadirkan oleh pihak penggugat (Syarif Darea) untuk dimintakan pandangan hukumnya, sekaligus sebagai saksi ahli dalam persidangan tersebut.

Yusril ketika dimintakan pandangan hukumnya terkait penyelenggaraan Pilkada Manado oleh pihak tergugat dalam hal ini Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Manado, mengatakan, penyelenggaraan Pilkada Manado sesengguhnya telah menyalahi undang-undang Pilkada serentak. Karena menurut Yusril, Pilkada serentak hanya bisa dilakukan pada tahun 2015 dan 2017. 

Namun demikian, Yusril mengatakan bahwa langkah yang diambil oleh KPUD Manado merupakan kebijakan dari KPU Pusat. Sehingga, jelas Yusril, KPUD Manado tak bisa dipersalahkan.

"KPUD Manado adalah penyelenggara pemilu sekaligus perpanjangan tangan dari KPU Pusat. Dalam perkara ini, saya melihat ada campur tangan KPU Pusat sehingga KPUD Manado melakukan Pilkada susulan yang tak sesuai dengan aturan Pilkada serentak," jelas Yusril setelah tergugat (KPUD Manado) menunjukkan surat dari KPU Pusat di hadapan majelis hakim.

Yusril menambahkan, jika pihak penggugat ingin persoalan ini terang-benderang, maka sudah seharusnya KPU Pusat dihadirkan dalam persidangan.

"Kuncinya hanya KPU Pusat. Karena, mereka lah yang mengeluarkan surat kepada KPUD Manado untuk menyelenggaran Pilkada pada tahun 2016. Tapi itu tergantung dari pihak penggugat. Apakah ingin mereka dihadirkan, atau tidak," tutur Yusril yang juga adalah Bakal Calon (Balon) Gubernur DKI Jakarta.

Sementara itu, sidang yang berlangsung alot dan dramatis karena pihak penggugat dan tergugat saling beradu argumen, terpantau detiKawanua.com bahwa sidang tersebut juga turut disaksikan oleh Ketua Fraksi Demokrat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado, Deasy Roring.

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 03 Agustus 2016 ,

0 komentar for "Soal Sengketa Pilkada Manado, Yusril: Kuncinya Hanya KPU Pusat"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional