Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Seniman Multi Talenta Boltim, Akan Baca Puisi di Festival Konservasi Sulut

Seniman Multi Talenta Boltim, Jamal Rahman Iroth. /Ist

Boltim, detiKawanua.com - Seniman multi talenta dari Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Jamal Rahman Iroth  diundang membaca puisi pada festival konservasi Sulawesi Utara (Sulut). Festival ini digelar oleh Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) f/21 di halaman dan atrium Mega mall Manado, Tanggal 2-3 September 2016. 

Sebelumnya f/21 bekerjasama dengan sejumlah lembaga yang konsen terhadap pelestarian alam, yang juga pernah menghadirkan Jamal Rahman Iroth dalam acara serupa yang bertajuk Festival Maleo 23 Des 2015 di Manado Town Square lalu. Kali ini, Jamal akan berkolaborasi dengan sanggar kreatif asuhan Budayawan Sulut Iverdixon Tinungki, serta beberapa Musisi Jalanan dari komunitas Oi Manado. 

Ketua f/21 Ronny Buol mengatakan bahwa, pihaknya sengaja mengemas festival tersebut dengan penampilan puisi dan musik dari band-band Indie Manado, untuk menyuarakan keprihatinan terhadap kondisi lingkungan hari ini sekaligus, mengkampanyekan  semangat melestarikan alam.

"Seperti pengalaman pada even sebelumnya, penampilan Jamal dengan gaya khasnya berpuisi dan bermusik, selalu menjadi performance yang spektakuler dan atraktif," ucap Ronny.

Kata Dia, Jamal sebagai penyair dan juga musisi, memang sering diundang di berbagai even diantaranya, pada Temu Sastra Nasional - Bale Sastra Jakarta 9 Des 2012, Pembukaan Kantor KY Sulut - Aula Walikota Manado 2014, Temu Budayawan dan Akademisi se-Indonesia - Hotel Aryaduta Mdo 2014, Workshop & Lomba Foto Dinas Pariwisata Sulut - Hotel Kawanua Mdo 2014. Baca Puisi di hadapan Mahasiswa Ujian Apresiasi Sastra - FBS UNIMA 14 Juni 2016, Pentas Sastra di Balai Bahasa Propinsi Sulut 25 Juni 2016, Buka Puisi dan Buka Puasa Bersama - Taman Kota Kotamobagu 30 Juni 2016.

"Di Boltim khususnya Jamal juga selalu tampil bernyanyi dan berpuisi hampir pada setiap even penting yakni, dalam Debat Calon Bupati dan Wakil yang digelar oleh KPU Boltim, Desember 2015. Jamal juga diundang menjadi bintang tamu dalam Festival Pendidikan KPMIBT di Lapangan Pondabo Tutuyan 2014. Dan baru-baru ini Jamal tampil membaca Puisi dalam Festival 17 Agustus 2016, Karang Taruna Desa Bulawan," bebernya.

Sementara itu, Jamal Rahman juga membenarkan bahwa, Dirinya memang diundang untuk membaca puisi pada festival konservasi Sulut. 

"Saya akan berpuisi sekaligus bermusik. Berkolaborasi dengan sanggar kreatif asuhan budayawan Sulut Iverdixon Tinungki, serta beberapa Musisi Jalanan dari Komunitas Oi Manado. Tujuannya meyuarakan keprihatinan kondisi lingkungan saat ini dengan semangat melestarikan alam yang digelar oleh LPM f/21," terang Jamal kepada awak media, Sabtu (27/08) siang.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 27 Agustus 2016 ,

0 komentar for "Seniman Multi Talenta Boltim, Akan Baca Puisi di Festival Konservasi Sulut"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional