Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Populasi Penduduk Manado-Bitung Tak Harus Utamakan KA

Meiva Lintang Salindeho/Ist
 
Manado, detiKawanua.com – Pembangunan Rel Kereta Api (KA) trans Sulawesi dipastikan memberikan suatu kemajuan ekonomi dan semakin lancarnya proses transaksi dari setiap daerah di Sulawesi untuk daerah Nyiur Melambai ini melalui jalur tersebut. Bukan tidak mungkin, hal ini dilihat dari totalitas penduduk di tanah Sulawesi dipastikan menjakau kebutuhan masyarakat. 

Namun tidak demikian untuk populasi penduduk Kota Manado dan Kota Bitung khususnya pengguna KA nanti. Hal ini disampaikan anggota Komisi III Meiva Sanlindeho dalam kesempatan tatap muka antara Komisi III dan Balai Jalan Nasional. Mantan Ketua DPRD Sulut itu mengisaratkan adanya sederet rencana pembangunan yang kini tengah digagas pemerintah provinsi yang belum terselesaikan, sebut saja proyek jalan trans Nasional Sulawesi yang masih menuai keluh.

“Saya untuk jalur kereta untuk Manado-Bitung belum terlalu mendesak, apalagi populasi penduduk yang belum terlalu menuntut adanya trasportasi itu,”terang Salindeho, Kamis (04/08).
Menurutnya, keberadaan KA memang menjadi satu dari sekian target pemerintah namun, alangkah baiknya jika pemerintah bisa melihat kondisi populasi tadi. Disisi lain, transportasi tersebut bukan sekedar sarana yang nanti hanya digunakan oleh pengguna jasa biasa, selebihnya keberadaan kereta juga mempercepat akses pebisnis local.

“Memang bukan sekedar untuk pengguna biasa karena, keberadaan trasportasi itu juga akan berguna bagi kalangan bisnis local dalam ini diantara Manado-Bitung,”tambahnya.
Dalam kesempatan tersebut, anggota dewan dapil Sitaro itu turut pertanyakan kapasitas pembebasan lahan yang nantinya akan digunakan untuk pembangunan Rel. Juga, dirinya meminta agar adanya trasparansi anggaran pembanguna KA  itu.

“Kami minta kepada Balai Jalan agar kiranya menyampaikan secara terbuka, total pembesan lahan dan total anggaran untuk pembuatan rel itu,”pintanya.
Sayangnya, pertanyaan Salindiho tidak tepat sasaran, pasalnya yang berwenang dalam hal pembebasan lahan bukanlah kewenangan Balai Jalan.”Itu kewenangan perhubunga,”kata Kepala Balai Jalan Atyanto Busono menanggapi pertanyaan anggota dewan Salindeho. (Aldi)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 04 Agustus 2016 ,

0 komentar for "Populasi Penduduk Manado-Bitung Tak Harus Utamakan KA"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional