Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Perayaan HUT ke-71 RI di Minahasa Sukses

Bupati Jantje Wowiling Sajow saat bertindak sebagai Irup Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-71.

Minahasa, detiKawanua.com - Rangkaian perayaan Peringatan HUT ke -71 Kemerdekaan RI pada tanggal 17 Agustus 2016 di Kabupaten Minahasa berlangsung sukses.

Diawali dengan Upacara Pemberian Remisi kepada para Narapidana pada pukul 06.30 Wita di Lapangan Lembaga Pemasyarakatan Papakelan Tondano, Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi tampil sebagai Inspektur Upacara dan membacakan sambutan tertulis Menteri Hukum dan HAM RI Dr Yasonna Laoly SH LLM.

Dalam Upacara yang turut dihadiri oleh Kepala Lapas Kelas II B Papakelan Teguh Imanto dan jajaran Pejabat lainnya ini ditandai dengan pemberian Remisi Bebas kepada 9 Napi, 6 Napi Bebas Bersyarat, 4 Napi Cuti Bersyarat dan 163 Napi memperoleh pengurangan masa hukuman.

Selanjutnya Bupati JWS menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI jam 09.45 Wita di Lapangan Manguni Sasaran Tondano.

Didampingi Ketua TP PKK Dr Olga Sajow-Singkoh MHum, Bupati JWS tampil dengan pakaian PDUB yang dilengkapi berbagai Lencana dan Tanda Penghargaan yang diterimanya selama ini, dengan Komandan Upacara AKP Berry Titawael SH.

Upacara yang berlangsung dalam cuaca yang sangat cerah itu diikuti pula oleh Wakil Bupati Ivan Sarundajang bersama ibu Jashinta Sarundajang-Paat, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Dandim 1302 Letkol CZI Moh Andi Kusuma SSos, Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK, Kajari Minahasa Saptana Setiabudi SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH, Kadis Harkamal Letkol Laut Maurits Komaling, Sekdakab Minahasa Jeffry Korengkeng SH MSi masing-masing bersama isteri, para pejabat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh generasi muda di daerah ini.

Upacara menjadi lebih hikmat saat Paskibraka Minahasa 2016 di pimpin Komandan Paskibraka IPDA Pol Yosimata masuk lapangan untuk mengibarkan Duplikat Bendera Pusaka di lapangan itu.

Saat yang turut mendebarkan, ketika siswi Thalia Pangalila dari SMA Negeri 1 Tondano naik ke panggung utama untuk menerima Bendera Merah Putih dari Bupati Minahasa dan turun kembali ke lapangan untuk diserahkan kepada Komandan Pasukan 8 siswa Diego Parengkuan bersama penggerek Briliant Jocom keduanya siswa SMA Negeri 1 Tondano dan pembentang bendera Julian Kerap siswa SMK Negeri 2 Tondano.

Setelah Sang Merah Putih dikibarkan, Ketua DPRD Minahasa James Stemmy Rawung SH tampil membacakan Teks Proklamasi, yang dilanjutkan dengan Doa oleh Kakankab Kementerian Agama Minahasa Sonya Mongkau STh.

Agenda selanjutnya digelar Upacara Ziarah Nasional di Makam Pahlawan Nasional Dr GSSJ Ratulangi Tondano pada pukul 11.00 Wita.

Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK tampil sebagai Inspektur Upacara yang ditandai dengan peletakan karangan bunga di tugu monumen Pahlawan Nasional itu. Kemudian Kapolres bersama Bupati JWS, Wabup Ivansa dan jajaran Forkopimda bersama isteri melakukan tabur bunga di Makam Pahlawan Nasional itu.

Selanjutnya dilaksanakan Resepsi bersama para Veteran Kemerdekaan RI pada pukul 12.00 Wita di Rumah Dinas Bupati Minahasa, Tondano.

Dalam sambutannya Bupati JWS mengajak kita semua sebagai pewaris kemerdekaan untuk tetap mengenang jasa-jasa para pejuang kemerdekaan ini baik yang masih hidup maupun yang sudah mendahului kita.

Sore harinya digelar Upacara Penurunan Bendera dengan Inspektur Upacara Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang pada pukul 17.30 Wita di Lapangan Manguni Sasaran Tondano.

Dengan Komandan Upacara Kapten Inf Ruddy Makapedua, upacara berjalan dengan sukses hingga saat Paskibraka menurunkan Sang Merah Putih dan melalui siswi Fhanya Posumah dari SMK Negeri I Langowan naik ke panggung utama untuk menyerahkan kembali kepada Wabup Ivansa.

Hadir pula dalam Upacara Penurunan Bendera ini Bupati JWS, para Forkopimda, para pejabat Pemkab dan pejabat instansi lain di Minahasa.

Pada malam harinya digelarlah Resepsi dan Toast Kenegaraan bertempat di Rumah Dinas Bupati Minahasa, Sasaran Tondano. Resepsi yang diawali dengan Laporan Asisten II Sekdakab Dr SW Siagian MA selaku Ketua Panitia, dihadiri oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, Wakil Bupati Ivan Sarundajang, Ketua DPRD James Rawung SH, Dandim 1302 Letkol CZI Moh Andi Kusuma, Kapolres Minahasa AKBP Syamsubair SIK, Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Saptana Setiabudi SH MH, Ketua Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH, Kadis Harkamal Letkol Laut Maurits Komaling, Sekdakab Jeffry Korengkeng SH MSi masing-masing bersama isteri, para Anggota DPRD, seluruh Pejabat Pemkab dan isteri, para Camat, Lurah dan Hukum Tua se-Minahasa, Paskibraka dan Pramuka serta undangan lainnya, yang ditandai dengan Toast Kenegaraan dipimpin oleh Bupati JWS.

Setelah toast dilanjutkan dengan pemasangan lilin di angka 71 yang menghiasi kue tart besar di lokasi Resepsi ini.

Setelah memberikan sambutan, Bupati JWS menyerahkan Piagam Penghargaan kepada 26 anggota Paskibraka yang sukses melaksanakan tugas mulianya dalam mengibarkan Duplikat Bendera Pusaka di pagi hari dan menurunkan di sore harinya.

(Sandy Rambing)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 18 Agustus 2016 , ,

0 komentar for "Perayaan HUT ke-71 RI di Minahasa Sukses"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional