Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemprov Punya Tim PORA Khusus Pantau Keadaan Wisatawan Asing

Sekertaris Kesbangpol Provinsi Sulut, Mesak B Kombongkila.

Manado, detikawanua.com - Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) sebagai instansi yang melekat tugas kewajiban melakukan pemantauan dan pelayanan bagi pemerintah dan masyarakat untuk hal-hal yang bersifat perkembangan isu, situasi dan kondisi terkini dilapangan untuk dijadikan laporan dan dievaluasi oleh pimpinan guna diambil keputusan lanjutan. Khususnya di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) saat ini dengan melonjak jumlah para wisatawan asing yang masuk, oleh Kesbangpol Sulut mempunyai tugas dibidang pariwisata yang tergabung dalam Tim Pemantau Orang Asing (Tim PORA).

"Tim PORA ini pada dasarnya merupakan tim gabungan sejumlah instansi terkait seperti, Kejaksaan, Imigrasi, Kepolisian, TNI, BIN, Dinas Budaya dan Pariwisata, Dinas Tenaga Kerja, serta Forkopimda dan Forum Koordinas Umat Beragama (FKUB) serta elemen LSM untuk melakukan pemantauan terhadap masuknya para wisatawan asing di Sulut,"terang Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut, Edwin Silangen melalui Sekertaris, Mesak B Kombongkila, Kamis (11/08) siang tadi.

Kesbangpol yang dalam Tim PORA itu mendapat posisi Sekertaris menurutnya mempunyai tugas yang berkaitan dengan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) yakni memberikan himbauan pemahaman melalui sosialisasi kepada masyarakat agar bisa memberikan kesan baik kepada para wisatawan agar bisa menjadi penunjang ekonomi sosial dagang bagi masyarakat dalam perdagangan, suvenir, kuliner dan hasil karya dari masyarakat.

"Adapun tugas kami dalam memantau para turis yang datang dipastikan jangan sampai mereka salah gunakan visa kedatangannya dan itu kerjasama dengan imgrasi untuk meminta data lengkap, jumlah, izin wisata, tinggal, dan juga bekerja,"ungkapnya.

Hal itu pula disebutkan Mesak diatur dalam aturan Permendagri Nomor 49 Tahun 2010 tentang pemantauan orang asing dan organisasi masyarakat asing daerah serta Permen Nomor 50 Tahun 2010 tentang pedoman pemantauan tenaga kerja asing di daerah.

"Ini diatur dan kami saling berkoordinasi yang laporannya disampaikan kepada pimpinan (Gubernur dan Wakil Gubernur,red),"tandasnya.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 11 Agustus 2016 , ,

0 komentar for "Pemprov Punya Tim PORA Khusus Pantau Keadaan Wisatawan Asing"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional