Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Garap Lahan Di Bolmong, PT Melisa Sejahtera Dinilai Rampas Hak Penduduk

Add caption
Ketua Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI) Pusat, Tommy Turangan. /Ist

Bolmong, detiKawanua.com - Ketua Aliansi Masyarakat Transparansi Indonesia (AMTI) Pusat, Tommy Turangan, meminta Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolaang Mongondow (Bolmong) segera memberhentikan pengelolaan tanaman industri yang digarap pihak PT Melisa Sejahtera.

Hal ini dengan tegas dikatakan turangan, mengingat, lahan yang dijadikan sebagai tempat pengelolaan tanaman industri di kabupaten tersebut, merupakan milik penduduk sekitar.

"Sebagian penduduk yang melakukan komplain memiliki sertifikat atas lahan yang kini diduduki pihak PT Melisa Sejahtera. Perusahan ini tak miliki izin. Meskipun ada, itu merupakan duplikat. Saya berharap Pemerintah mengambil sikap," kata Turangan, Kamis (18/08).

Dengan menduduki lahan penduduk tanpa memiliki sertifikat tanah dan disertai izin pengelolaan tanaman industri dari pemerintah, Turangan pun menilai bahwa pihak PT Melisa Sejahtera telah menyalahi aturan, bahkan merampas hak penduduk. 

"Pihak PT Melisa Sejahtera tak ada sertifikat tanah, tapi dengan terang-terangan menggarap tanah penduduk. Ini kan jelas-jelas menyalahi aturan. Mungkin pihak PT Melisa Sejahtera mau merampas hak penduduk," papar Turangan menyentil.

Diketahui Turangan bahwa pada beberapa waktu lalu ada sejumlah penduduk yang datang ke Pemkab Bolmong untuk mengadukan perkara ini namun tak membuahkan hasil, Turangan pun menduga pihak PT Melisa Sejahtera di back up oleh oknum pejabat.

"Mereka (penduduk) sempat ke kantor Pemkab namun tak ada penyelesaiannya. Saya curiga ada kong-kalikong antara pihak PT Melisa Sejahtera dengan oknum pejabat yang memiliki kewenangan dalam hal perizinan," tutur Turangan menduga.

Hingga berita ini diterbitkan, pihak PT Melisa Sejahtera belum dapat dimintai keterangannya. Begitupun halnya dengan Instansi Pemkab Bolmong yang memiliki kewenangan untuk memberikan penjelasannya terkait masalah ini. 

(Redaksi)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 18 Agustus 2016

0 komentar for "Garap Lahan Di Bolmong, PT Melisa Sejahtera Dinilai Rampas Hak Penduduk"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional