Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Foto Proklamasi ‘45 Karya Anak Kawanua "Mendur bersaudara" bagian 4 habis



detiKawanua.com Lewat kameranya, Alex dan Frans Mendur berjuang banyak untuk republik ini. Keduanya Putra Kawanua yang telah berjasa bagi Republik ini. Mereka berhasil mendokumentasikan momen-moment bersejarah Bangsa Indonesia. tanpa mereka mungkin kita tidak akan tahu momen-momen sejarah yang penting bangsa indonesia. kakak beradik Alex dan Frans mendur adalah putra daerah yang berasal dari Kawangkoan, Minahasa-Sulawesi Utara.

Alex yang lahir pada tahun 1907 dan sang adik frans yang lahir pada tahun 1913. Frans belajar fotografi dari sang kakak Alex, yang terlebih dahulu menjadi sebuah wartawan diJava Bode, koran berbahasa belanda yang berada di jakarta. Frans lantas mengikuti jejak sang kakak menjadi wartawan pada tahun 1935. 

 

Meninggal dalam sepi Semasa hidupnya, Frans Mendur pernah menjadi penjual rokok di Surabaya. Di RS Sumber Waras Jakarta pada tanggal 24 April 1971, fotografer pengabadi proklamasi kemerdekaan RI ini meninggal dalam sepi. Alex Mendur tutup usia pada tahun 1984 juga dalam keadaan serupa. Hingga tutup usia, kakak-beradik Frans dan Alex Mendur tercatat belum pernah menerima penghargaan atas sumbangsih mereka pada negara ini.

Konon, mereka berdua pun ditolak untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Kalibata. Baru pada 9 November 2009 Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menganugerahi kedua fotografer bersejarah Indonesia ini, Alexius Impurung Mendur dan Frans Soemarto Mendur, penghargaan Bintang Jasa Utama.

Sebagai bentuk penghargaan terhadap keduanya, dibangun Tugu Pers Mendur di tanah kelahiran mereka di Kelurahan Talikuran, Kecamatan Kawangkoan, Kabupaten Minahasa.
Patung keduanya dibangun berdiri di atas kamera jenis Leica yang menjadi senjata keduanya. Di sebelah kiri adalah Alex dan kanan adalah Frans. (*/iBR). Sumber Litbang detikawanua.com

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 18 Agustus 2016 ,

0 komentar for "Foto Proklamasi ‘45 Karya Anak Kawanua "Mendur bersaudara" bagian 4 habis"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional