Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Desa Mandiri Wajib Mendapat Bimtek dari Pemerintah

Foto. /Ist

Talaud, detiKawanua.com
- Desa mandiri benih dibangun dalam rangka memenuhi kebutuhan dasar Petani. Selama ini Petani selalu mengalami  kesulitan dan kerugian terutama benih yang ditanam. Demikian juga yang terjadi di Kepulauan Talaud. Seharusnya, di Kabupaten Talaud yang tidak memiliki benih unggul mendapatkan benih yang dapat menghasilkan produk berkualitas dan hasil panen yang melimpah. 

"Desa mandiri benih atau penangkar  di daerah kita yang jauh dari benih unggul seharusnya ada dan pemerintah daerah melalui dinas pertanian wajib untuk membimbing dan membina sehingga setiap perguliran musim tanam, daya tahan tanaman  terhadap serangan hama dan hasil produktivitasnya tinggi. Kemudian, masyarakat tidak tahu dengan benih dan labelnya untuk ditanam sehingga hasil yang didapatkan tidak memuaskan. Untuk Talaud telah ada dua desa yang dipersiapkan menjadi desa mandiri benih yaitu Kiama dan Ambela," kata  Kadis Pertanian Daud Malengsang, S. Sos saat ditemui di ruang kerjanya.

Malengsang menambahkan, demi meningkatkan hasil  produksi yang diinginkan perlu adanya seleksi benih yang layak dan wajar baik untuk tanaman pangan seperti padi,jagung dan lain sebagainya serta tanaman Holtikultura.

"Kadangkala kita hanya mendapatkan bibit kadaluarsa dari daerah lain sehingga hasilnya mengecewakan, saat ditanam tidak tumbuh, ingin menanam tak ada bibit. Makanya dalam rangka pembenihan kami bekerjasama dengan Pak Dekky Salaa petugas dari pusat dalam pengelolaan dan pembenihan yang unggul dan rencanannya kami akan mengambil bibit dari tempat yang kualitasnya telah teruji," ujar Malengsang.

Disisi lain ia mengakui,dari segi sumberdaya manusia khususnya petani masih minim dalam pemanfaatan teknologi pertanian maupun pengelolaan lahan.

"Petani Talaud perlu studi ke daerah yang lebih maju untuk mempelajari dan dapat mengoperasikan alat pertanian modern secaa tepat guna," jelasnya.

Ketika disinggung terkait bantuan pupuk untuk meningkatkan hasil pertanian yang selama ini salah pemanfaatannya oleh petani karena tak ada penyuluhan atau bimbingan,menurutnya itu bukan kesalahan instansinya tetapi kesalahan petani yang saat pembagian bantuan pupuk tidak mengikuti bimbingan teknis. 

(RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Rabu, 10 Agustus 2016 ,

0 komentar for "Desa Mandiri Wajib Mendapat Bimtek dari Pemerintah"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional