Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

BP3A Sulut Kantongi Predikat I Terbaik Dari LAN RI Untuk Proyek Perubahan P3A

piagam penghargaan dan foto bersama Kepala BP3A Sulut, Ir. Erni B Tumundo M.Si (kiri ujung,red) dengan peserta dan anggota LAN RI usai acara penganugerahan predikat I kepada peserta Diklat PIM tingkat II.

Manado, detiKawanua.com - Keberhasilan usaha kerja keras dari Badan Pemberdayaan Perempuaan dan Perlindungan Anak (BP3A) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berhasil meraih predikat I terbaik dari 60 peserta dalam Pendidikan Latihan (Diklat) pola baru Kepemimpinan (PIM) Tingkat II angakatan XLII yang digelar Lembaga Administrasi Negara (LAN) di Makassar selama empat bulan (sejak 19 April-13 Agustus 2016) telah mengharumkan nama Provinsi Sulut yang diakui LAN RI dengan dasar rujukan presentase proyek perubahan berjudul 'PERLINDUNGAN ANAK YANG HOLISTIK dan INTEGRATIF DI PROVINSI SULAWESI UTARA', yang dibuat Kepala BP3A Provinsi Sulut, Erni B Tumundo.

Dikatakan Erni bahwa hal itu nyata dan tentunya mengacu dari program Nawacita dari Presiden RI Joko Widodo dan program Operasi Daerah Selesaikan Kemiskinan (ODSK) sebagaimana yang sekarang ini lagi giat-giatnya dilakukan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur, Steven OE Kandouw disegala bidang termasuk P3A sebagaimana telah dilauchingnya Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 28 Tahun 2016 tentang perlindungan anak yang holistik dan integratif di Provinsi Sulut, pada peringatan Hari Anak Nasional tingkat Provinsi Sulut.

"Upaya revolusi mental bagi seluruh masyarakat untuk melihat semua anak-anak adalah anak kita bersama, isu kekerasan dan diskriminasi kepada anak menjadi perhatian pemimpin karena, kalau tidak dimulai dari sekarang maka bakal kedepan akan menjadi bencana kemanusiaan ketika anak-anak kita hidup dalam ketidaknyamanan, karena baik pemerintah masyarakat bahkan orang tua tidak dapat menyiapkan ruang yang aman bagi tumbuh kembang anak,"terang Tumundo, kepada detiKawanua.com, Minggu (14/08) sore tadi.

Dikatakannya keberhasilan proyek perubahan itu juga, selain mengacu Nawacita Presiden RI dan suport Gubernur dan Wagub Sulut, juga melibatkan TP-PKK Provinsi Sulut selaku organisasi central bagi perempuan, serta lembaga-lembaga agama.
"TP-PKK melalui kelompok dasawisma yang ada didesa dan kelurahan yang telah membentuk kelompok peduli sahabat anak di sekolah-sekolah. Untuk fokus proyek perubahan ini sementara ada 3 Kota dan 1 Kabupaten di Sulut yakni, Kota Manado, Bitung, Tomohon serta Kabupaten Minahasa Utara,"ungkapnya.

"Selain itu telah dilakukan pengembangan pelayanan menangani anak korban kekerasan melalui Pusat Pelayanan Terpadu (PTT) P3A Provinsi Sulut yang telah diterapkan pelayanan satu pintu dengan menambahkan aktivitas pelayanan yang menyediakan tenaga profesional/ahli Dokter dan tenaga Polisi Wanita (Polwan),"jelas Tumundo.
Adapun kegiatan-kegiatan yang masuk dalam proyek perubahan dimaksud pula menurutnya, telah mendapatkan legitimasi melalui diterbitkannya Pergub Nomor 28 Tahun 2016.

"Keberhasilan proyek perubahan ini juga tidak lepas dari dukungan Sekretaris Provinsi (Sekprov), unsur Forkompinda Sulut, para Bupati dan Walikota, SKPD terkait, para tokoh agama, masyarakat termasuk juga tenaga pendidik/guru-guru, orangtua dan invidu anak itu sendiri yang mau bersama-sama menginkan yang terbaik bagi perempuan dan anak di Sulut,"ujarnya.

Ditambahkan Tumundo, bahwa untuk jangka menengah pihaknya akan replikasikan hasil program tersebut ke Kabupaten Kota yang lain.

"Harapan tentunya kepada semua stakeholder agar bisa memberi peran yang signifikan untuk melindungi anak-anak dari kekerasan dan  diskriminasi karena dengan berkurangnya kasus kekerasan dan semakin meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan tentu sudah memberikan perlindungan terhadap anak-anak Sulut dan telah turut menciptakan generasi mendatang yang mandiri, berkualitas dan berkepribadian kuat,"tandasnya.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 14 Agustus 2016 , , ,

0 komentar for "BP3A Sulut Kantongi Predikat I Terbaik Dari LAN RI Untuk Proyek Perubahan P3A"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional