Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Sambut Lebaran, Tradisi Tuntul Hiasi Ruas Jalan Boltim

Ruas jalan Boltim saat malam pasang lampu.

Boltim, detiKawanua.com - Jelang Hari kemenangan (Idul Fitri, red) untuk umat muslimin khususnya di Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), terpantau detiKawanua.com mulai melakukan pasang lampu (Tuntul, red), pada Sabtu (02/07) malam ini. Hal tersebut sudah dilakukan para warga masyarakat Boltim sekitar ratusan tahun silam, sebagai penanda bahwa lebaran sudah di ambang mata.

Dikatakan salah satu warga, Dirta Lasabuda, bahwa memang tradisi pasang lampu ini sudah ada sejak zaman orang-orang tua dahulu sebagai suatu tanda bahwasanya hari raya atau lebaran sudah dekat (H-4, red).

"Pasang lampu atau Tuntul, sudah dilakukan orang tua kita sejak ratusan tahun silam. Jadi, sudah menjadi tradisi warga disini sebagai penanda lebaran tinggal beberapa hari lagi," ujar Dirta, warga Tombolikat Selatan.

Senada dituturkan Salman Mokoagow, untuk pasang lampu itu sudah menjadi tradisi kita. "Soal pasang lampu, menurut para orang tua sudah dilakukan setiap tahun di Bulan Ramadhan jelang lebaran, yakni sekitar 3 hingga 4 hari jelang hari raya, dan 1 malam sebelum takbir dikumandangkan sudah tidak ada lagi lampu yang di nyalakan di depan setiap rumah warga," ucapnya, dan turut diiyakan warga lainnya saat bersua awak media.

Diketahui, tradisi pasang lampu ini sudah berlaku ratusan tahun silam oleh warga muslim di Boltim, guna mengingatkan hari lebaran sudah dekat untuk dirayakan, setelah sebulan (Ramadhan, red) penuh umat muslim menjalani ibadah puasa sesuai perintah oleh Allah SWT.

(Fidh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 02 Juli 2016 ,

0 komentar for "Sambut Lebaran, Tradisi Tuntul Hiasi Ruas Jalan Boltim"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional