Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

MOS Senior 'Balas Dendam', Seharusnya Dikelola Guru Kepsek

Kepala Diknas Sulut, A.G Kawatu.

Manado, detikawanua.com - Masa Orientasi Siswa (MOS) pada sekarang ini pada intinya adalah pengenalan lingkungan sekolah, dan bukan dikelola atau dilakukan para senior siswa namun, seharusnya dilakukan oleh guru yang dibimbing langsung oleh Kepala sekolah (Kepsek) dan hal itu sudah pernah disosialisasikan kepada para Kepsek dijajaran tingkatan sekolah.

"Bentuknya bagaiman itu bukan lagi sistem perpeloncoan lagi, tapi bagaimana berinteraksi dengan lingkunang sekolah yang baru dan para guru. Bahkan dihari pertama masuk sekolah itu, dianjurkan para orang tua murid juga bisa hadir sama-sama supaya bisa berinteraksi dengan para guru,"terang Kadiknas Sulut, A.G Kawatu, baru-baru ini.

Adapun contoh kasus yang belum lama ini terjadi di salah satu SMA di Kotamobagu, menurut Kawatu hasil temuannya benar terjadi pelaksanaan MOS yang dinilai melanggar norma-norma dan hal itu diakui juga oleh Kepsek di sekolah tersebut.

"Hasil investigasi itu merupakan kelalaian bukan kesengajaan, karena dari berita acara kegiatan MOS itu diluar pengetahuan pihak sekolah (untuk 10 hingga 15 menit terjadi pelanggaran itu,red) karena sebagian anak yang senior itu dalam tanda kutip ingin balas dendam,"ujarnya.

Oleh karena itu diingatkan Kawatu kepada para Kepsek untuk jangan sampai lagi terjadi karena sesuai surat edaran menteri, konsekwensinya ada permintaan pencopotan.

"Yang pertama diberikan sanksi sosial kemudian untuk pencopotan itu harus dari Kementerian yang berdasarkan Dinas di Kabupaten/Kota bersangkutan,"jelasnya.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 25 Juli 2016 , , ,

0 komentar for "MOS Senior 'Balas Dendam', Seharusnya Dikelola Guru Kepsek"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional