Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Melalui Prosesi Upacara Adat, Bupati dan Wabup Bolmong Akhiri Jabatan

Nampak Gelaran Suasana Prosesi Adat
Bolmong, detiKawanua.com – Mengakhiri masa jabatan pemerintahan Bupati Bolmong Salihi B Mokodongan dan Wakil Bupati Yanny R Tuuk di periode 2011-2016, Kamis (14/07) tepat 11.00 WITA, di saksikan ribuan warga dalam prosesi upacara adat.
Melepas jabatan tersebut, Salihi B Mokodongan yang sebelumnya memangku kepemimpinan Bupati dan Yanny R Tuuk sebagai pemangku jabatan wakil Bupati, diketahui sebelumnya akan mengakhiri jabatan tepat pada tanggal 16 juli 2016 ini, kini dilaksanakan melalui pelepasan prosesi adat di depan kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bolmong menuju kediaman Bupati Salihi di Desa Motabang, Kecamatan Lolak, Kabupaten Bolaang Mongondow.
Di iringi tari-tarian, dengan menggunakan baju adat, serta melafadzkan ucapan sakral adat-istiadat Bolaang Mongondow (itung-itung), Salihi Mokodongan naik Wala-Wala (tandu tempat duduk) kemudian diusung 8 pemuda berpakaian adat Baniang, menuju kediamanya di Motabang yang diarak sekira 1 kilometer dari kantor bupati.
Tibah di kediaman Bupati, setelahnya, terlihat prosesi adat Poponagan Kon Komalig (turun dari istana) juga digelar. Salihi usai ikut prosesi adat, mengimbau masyarakat untuk terus melestarikan Adat dan O’adatan. “Prosesi ini warisan para leluhur yang mesti dijaga agar tetap lestari,” Ujar Salihi.
Sementara, Chairul Mokoginta tokoh pemangku adat Bolmong mengatakan, prosesi adat  ini digelar dalam rangka melepas pemangku adat tertinggi di daerah yakni sebagai ‘Sinungkudan’ atau pemegang tongkat komando.“Bupati selaku pemegang adat tertinggu di daerah. Disambut dengan adat, dan diakhiri juga dengan adat,” kata Chairul Kamis.
Lanjut Chairun, makna prosesi adat itu, bahwasan Salihi Mokodongan dan Yanny Tuuk secara adat turun dari jabatan datu/ raja atau kepala daerah sekaligus pemangku adat.“Prosesi adat ini merupakan tradisi turun temurun sejak dahulu sebelum menjabat dan mengakhiri masa jabatan sebagai kepala daerah,” terangnya.

Saat prosesi adat dimulai sampai usai, dari belakang Wala-Wala yang membawa salihi, terpantau awak media detiKawanua.com dengan penuh semangat, Sekda Bolmong Drs. Ashari Sugeha dan para pimpinan SKPD Bolmong, Tokoh adat, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Tokoh Agama serta ribuan warga, perlahan berjalan kaki dan menaiki Bentor yang dihias aneka pernik khas Bolmong. (Adv/Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Kamis, 14 Juli 2016 ,

0 komentar for "Melalui Prosesi Upacara Adat, Bupati dan Wabup Bolmong Akhiri Jabatan"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional