Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Buka Jalan Pertanian, Warga Apresiasi Pengelolaan Dandes Wioi Satu

Alat berat sementara bekerja membuat jalan pertanian.

Mitra, detiKawanua.com
- Penyerapan Dana Desa (Dandes) yang merupakan bantuan dari pemerintah pusat dikelola secara maksimal oleh pemerintah Desa Wioi Satu, Kecamatan Ratahan Timur. Bahkan sesuai pantauan, Dandes tersebut dimanfaatkan untuk membuka jalan pertanian desa yang baru.

Salah satu warga yang kami temui di lokasi pekerjaan mengatakan, sangat mengapresiasi akan pilihan penggunaan Dandes dari pihak pemerintah desa, karena selama ini banyak masyarakat yang mengeluarkan hasil pertanian masih mengandalkan tenaga manusia," kalau mau mengeluarkan hasil panen, dulu harus dipikul hingga ke jalan raya, baru bisa diangkut dengan kendaraan, sekarang malah kendaraan bisa sampai dilokasi pertanian," terangnya.

Sementara hukum tua desa wioi satu, kariani kolinug mengatakan, memang pihak pemerintah Desa Wioi Satu, untuk tahap pertama Dandes  dimanfaatkan untuk membuka jalur pertanian, begitu juga dengan nantinya di tahap kedua, akan kembali diteruskan," kami tentu berterima kasih juga kepada pemilik lahan yang telah memberikan lahan untuk dibuat jalan, sehingga penyerapan Dandes tahun ini  bisa sesuai peruntukan, karena jika tidak ada lokasi lahan, otomatis kami bisa kesulitan" terang Kolinug.

Lebih lanjut kariani mengungkapkan, mengapa pihak pemerintah memutuskan membuka jalan pertanian sebagai prioritas dalam pengelolaan dandes,dikarenakan melihat kesulitan yang selama ini dialami warga desa wioi satu dan sekitarnya saat mengeluarkan hasil pertanian," ini tentu juga dalam rangka pengembangan ekonomi desa, karena seringkali hasil pertanian tidak bisa dimanfaatkan sedemikian rupa, dikarenakn akses yang sangat sulit, biasanya petani harus melewati lahan persawahan untuk mencapai titik penjemputan," jelasnya. (Indri)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 24 Juli 2016 ,

0 komentar for "Buka Jalan Pertanian, Warga Apresiasi Pengelolaan Dandes Wioi Satu"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional