Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Acara Adat Perayaan HUT Talaud ke-14 Dihadiri Marambe Sinangiang Ratun Taloda

Bupati Talaud, Sri Wahyuni Maria Manalip.

Talaud, detiKawanua.com, - Perayaan Hari Ulang Tahun Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-14 di Lapangan Sepak Bola Sangkundiman Melonguane, berjalan sangat meriah karena menampilkan beberapa tarian daerah dan Serafim Choir. 

Selain itu kegiatan yang disponsori oleh Pemkab Talaud, dalam hal ini Dinas Pariwisata Kabupaten Kepulauan Talaud, dituntun dengan acara adat, dan beberapa Ratumbanua telah mengisi dalam acara tersebut. Sementara itu Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud bersama dengan Jajaran Pemerintah Daerah, Forkompimda, Ketua Dekab dan Jajaran, Tokoh Adat se-Talaud, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda menghadiri acara HUT yang tentunya dipimpin oleh Ratun Taloda Marambe Sinangiang yakni Sri Wahyumi Maria Manalip SE.

Bupati Kabupaten Kepulauan Talaud mengatakan Dirgahayu Kabupaten Kepulauan Talaud yang ke-14 sehingga pentingnya perayaan HUT  ke-14 kali ini karena untuk mengenang para pejuang yang telah mengabdikan dirinya kepada rakyat Talaud sehingga dalam 14 Tahun berotonom Talaud lebih lagi berkembang. "Tentunya kita semua berterimah kasih kepada mantan pemimpin sebelum saya dan harus diberikan apresiasi khusus karena mereka sudah mengabdikan serta berjuang demi kesejateraan rakyat Porodisa," ujar Manalip.

Dikatakan Manalip, bahwa dalam pembangunan Talaud ke depan pentingnya bagi kita semua untuk saling menjaga persatuan, ketertiban, keamanan dan yang terpenting kepedulian terhadap sesama. "Manakala untuk saat ini umat Muslim sementara menjalankan Ibadah Puasa, sehingga atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Talaud, saya Sri Wahyumi Maria Manalip mengucapkan selamat melaksanakan Ibadah Puasa, dan mudah-mudahan kita semua tetap rukun dan damai sesuai dengan semboyan kita Sansiote - Sanpate," tutup Manalip.

Diketahui dalam acara itu juga dilaksanakan Upacara adat pemotongan ‘Baa,a’ dan ‘Pua Manggorongan’ yang merupakan adat turun temurun dan dilaksanakan setiap tahunnya, dan pemotongan ini dilakukan oleh Marambe Sinangian Ratun Taloda sebagai Pemimpin Porodisa. Arti dari upacara yang dimaksud adalah Pemimpin yang adalah Pemimpin yang melayani langsung kepada masyarakat.

Dalam acara ini juga, SWM memberikan hadiah kepada pemenang lomba mewarnai tingkat TK dan SD dengan jumlah uang bimbingan bervariasi menurut peringkatnya, dan lomba ini disponsori oleh BRI Melonguane. (RhojakFM)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 03 Juli 2016 , ,

0 komentar for "Acara Adat Perayaan HUT Talaud ke-14 Dihadiri Marambe Sinangiang Ratun Taloda"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional