Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Wakil dari SMA N 1 Lirung Bawa Nama Talaud di O2SN Tingkat Provinsi

Wakil Talaud pada O2SN Tingkat Provinsi Sulut.

Talaud, detiKawanua.com
- Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) tingkat Provinsi Sulut yang di ikuti oleh ratusan atlit terbaik dari 15 Kabupaten/Kota dibuka oleh Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw di Manado waktu lalu.

Dari hasil penjaringan di tingkat Kabupaten, akhirnya Talaud memboyong 41 atlit untuk menjadi utusan ke Tingkat Provinsi dan didampingi oleh 5 orang Pelatih serta beberapa Panitia dari Jajaran Dikpora Talaud. meraih 4 Medali Emas dari Cabang Olahraga Volley Ball Putri, Silat, Karate dan Atletik.

Dari persiapan selama 2 Bulan, SMA Negeri 1 Lirung mengutus 2 siswa terbaik dari cabang olahraga lari 100 Meter putri dan karate putri yang bernama  Bertasilia Alase dan Grisela Janis. Setelah mengikuti O2SN tingkat Provinsi di Manado mereka mencatatkan prestasi yang gemilang.

Ditemui waktu lalu di Sekolah, Bertasilia Alase yang masih duduk di Kelas X ini, mengatakan, dari hasil kerja keras dan dukungan bahkan doa dari teman-teman sekelas serta keluarga saya mendapatkan Medali Emas dan mewakili Provinsi Sulut di Tingkat Nasional yaitu Jakarta. "Saya memohon kepada Pemerintah Kabupaten Kepulauan Talaud, dalam hal ini Dinas Dikpora, agar dapat membantu untuk memberikan beasiswa kepada siswa prestasi karena selama ini saya mengikuti pertandingan belum ada yang namanya beasiswa yang dimaksud," tegas Berta, yang juga pernah menjuarai cabang olahraga yang sama di tingkat Provinsi mewakili Talaud pada waktu masih di bangku SMP.

Lanjut Berta kepada wartawan detiKawanua.com, kiranya pihak terkait yang menaungi para atlit dapat mengkaji secara pasti mana siswa prestasi dan kemampuan ekonominya rendah. "Harapan kami atlit-atlit se-Talaud yang berprestasi apalagi yang sudah mengharumkan nama Talaud di Provinsi, kiranya permohonan kami dapat didengar dan ditindaklanjuti oleh Dinas Dikpora Talaud," tambah Berta, yang kesehariannya menumpangi angkutan umum dari dan ke Salibabu-Lirung.

Sementara itu, Kepala Dinas Dikpora Talaud, melalui Kepala Bidang Dikmen Adriamal Sasoeng SPd, mengatakan, para pemenang nantinya akan mendapatkan SK dari Kepala Dinas Dikpora sesuai dengan petunjuk teknis dari Kemendiknas untuk yang 41 siswa yang mewakili Talaud bertanding di tingkat Provinsi. "Dana perjalanan Tim dari Talaud ke Manado menggunakan APBD melalui RKA Dinas Dikpora Talaud ", ujar Sasoeng.

Sasoeng menambahkan, beberapa Siswa yang sudah mengharumkan nama baik Daerah Porodisa di Tingkat Provinsi akan diberikan penghargaan berupa Medali dan Uang Pembinaan oleh Dinas Dikpora Provinsi Sulut. "Mereka (atlit, red) pada Bulan Juli akan dipersiapkan untuk menjadi Tim Provinsi Sulut dan kemudian akan mengikuti O2SN Tingkat Nasional," tandas Sasoeng, di sela-sela kesibukannya.

Terkait dengan mekanisme pembinaan atlit-atlit di Talaud ini, Kabid Dikmen mengatakan, untuk persiapan diserahkan kepada pihak sekolah yang siswanya menjadi juara di Manado waktu lalu. "Kami akan persiapkan untuk coaching di Kabupaten sesuai dengan petunjuk dari Nasional harus ditraining lebih dulu oleh Kabupaten/Kota, terutama mereka dari Nanusa yang menjuarai Bola Volly Putri," tutup Sasoeng. (Fandy)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Jumat, 10 Juni 2016 , , ,

0 komentar for "Wakil dari SMA N 1 Lirung Bawa Nama Talaud di O2SN Tingkat Provinsi"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional