Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Terungkap, Ini Fakta Baru Eks Honorer UPTD Samsat Manado yang Jadi Buron Polisi?

Postingan di grup jejaring medsos facebook, tentang lokasi dan foto yang diduga tersangka Rio.

Manado, detikawanua.com - Tidak terasa sudah dua tahun terlewati (sejak tahun 2014,red) namun masih terniang akrab di telinga nama salah satu oknum tenaga honorer yang bekerja di UPTD Samsat Manado berinisial Rio, yang dalam sejumlah pemberitaan media telah menjadi tersangka dan buronan dari Kepolisian daerah (Polda) Sulut atas kasus dugaan penipuan yang dilakukan dirinya (Rio) dua tahun lalu itu, kini pada Senin (13/06) sore tadi, terungkap 'fakta' baru oleh salah satu sumber nitizen di grup jejaring media sosial (medsos) facebook yang memiliki pengikut berjumlah 15.471 orang se-Sulut bahkan dari luar daerah Sulut itu bahwa tidak hanya membeberkan data kerugian negara yang sebenarnya itu berjumlah miliaran rupiah, namun juga lokasi atau keberadaan tempat tinggal tersangka sekarang pun diungkapkannya.

"Menurut pemeriksaan awal kerugian negara hanya ratusan juta, akan tetapi melalui sumber resmi di Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) mendapati hingga miliaran rupiah uang negara dirugikan,"tulis nitizen yang mempunyai nama akun Trooy Lee Joo, sekitar pukul 16.00 Wita sore tadi.
Lanjutnya, tersangka yang menjalankan modus operandinya dengan cara 'merayu' para wajib pajak kendaraan bermotor untuk melakukan pengurusan dan pembayaran melalui dirinya (Rio) itu juga tak tanggung-tanggung mengaku kepada calon korbannya bawa dia sebagai PNS yang bekerja di instansi tersebut.

"Jadi uang jutaan rupiah yang dikumpulkan dari para korbannya untuk membayar pajak itu ternyata oleh pelaku membuat Notice pajak palsu, yang diperkirakan sudah ada ribuan orang yang telah membayar pajak kepada dirinya, dan uang tersebut digunakan untuk pribadinya. Sehingga pada saat berikutnya para korban membayar pajak mereka, oleh petugas UPTD resmi mengungkapkan bahwa Nootice pajak mereka palsu," terang Trooy yang juga kenal dengan pelaku.

Adapun menurutnya, keberadaan sang buronan yang mempunyai nama lengkap Rizky Paulus Kamateri itu, diduga telah berada diluar daerah Sulut dengan membuat identitas baru (KTP), kemudian menikah kembali di Jakarta.

"Padahal dirinya (Rio) sudah menikah dan mempunyai dua orang anak. Dan kini pelaku berada di wilayah Bekasi. Itu terbukti dari nama dan foto dari akun Facebook aktif pelaku yang memakai nama Sumo Kaze. Diharapkan kepada siapapun yang melihat pelaku untuk segera dilaporkan ke pihak Polisi terdekat karena orang ini sudah masuk target operasi (TO) buronan dari Polda Sulut," ungkapnya.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 13 Juni 2016 , ,

9 komentar for "Terungkap, Ini Fakta Baru Eks Honorer UPTD Samsat Manado yang Jadi Buron Polisi?"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional