Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Terkait Anggaran Desa dan Kelurahan, Wabup Yanny: 2 Kelurahan Melalui APBD

Wakil Bupati Yanny R Tuuk (Ist)

Bolmong, detiKawanua.com -
Kabupaten Bolaang Mongondow (Bolmong) memiliki 200 Desa dan Dua Kelurahan. Rata-rata per desa menerima Dana Desa (Dandes) dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) yang saat ini sementara bergulir. Namun, terkait hal tersebut Pemerintah Daerah (Pemda) berencana melakukan kebijakan untuk anggaran dua kelurahan di Bolmong melalui APBD.

Hal tersebut seperti diungkapkan Wakil Bupati (Wabup) Yanny R Tuuk STh MM, menurutnya, “untuk dua kelurahan yang ada di Bolmong, seperti kelurahan Imandi dan kelurahan Inobonto yang tidak ada anggaran dari APBN untuk dikelola, harusnya melalui  Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) ada kebijakkan dari Pemda untuk menyediakan anggaran ke Dua Kelurahan ini, sehingga kelurahan juga bisa membangun dan mengelola dana tersebut,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Wabub, bahwa untuk setiap kegiatan yang ada di Desa seperti program pembangunan di setiap Desa, itu bisa terbantu dengan Dandes, tapi ke dua kelurahan ini sangat memprihatinkan karena tidak ada anggaran. "Pembangunan di Desa-desa bisa ditunjang dengan Dandes yang diterima oleh Desa,” terangnya.


Apalagi kata Tuuk, di setiap tahun APBD itu terus meningkat dari tahun ke tahun, tentu bisa membijaki dana yang bisa disalurkan di ke dua keluran ini. "APBD itu terus meningkat, dan saat ini mencapai 1 Triliun, sudah seharusnya itu diberdayakan ke kelurahan juga, sehingga tak hanya desa yang mengelola Dandes, tapi juga Kelurahan, bisa mengelola Dana dari APBD," tutupnya. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Senin, 20 Juni 2016

0 komentar for "Terkait Anggaran Desa dan Kelurahan, Wabup Yanny: 2 Kelurahan Melalui APBD "

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional