Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Satgas Gempita 'Ambil Alih' Kewenangan Pemkot Manado ???

Logo Satgas Gempita. /Ist

Manado, detiKawanua.com - Terkait keberadaan dari Satgas Gerakan Masyarakat Pintar dan Taat Aturan (Gempita) yang dibentuk oleh Walikota Manado, GS Vicky Lumentut, mendapat tanggapan dari Ketua Komisi I DPRD Sulut, Ferdinand Mewengkang. 

Baca juga: Satgas Gempita Dinilai Coreng Nama Baik Walikota Manado 

Menurutnya, boleh-boleh saja seorang kepala daerah sebagai pejabat pembina kepegawaian, melakukan suatu aturan-aturan sepanjang tidak bertentangan dengan aturan dan tumpang tindih tugas-tugas dari SKPD yang ada, khususnya di Pemkot Manado. Contohnya, untuk aparat pengawasan internal, dalam hal ini inspektorat. Dia juga melaksanakan sebagian tugas mengawasi ASN, demikian halnya juga BKD 

"Saya mengkhawatirkan, justru kalau orang-orang pengangkatan itu adalah tidak berkompeten dalam rangka untuk memberikan hukuman. Kalau hanya sekedar mengamati silahkan, tapi kalau sudah langsung memberikan teguran, itu sangat keliru. Tidak bisa!!," ujar Mewengkang, Kamis (16/06) lalu. 

Lihat juga: Kadisdukcapil Manado 'Terancam' Bakal Jadi Tersangka 

Lebih lanjut, Mewengkang menegaskan, dalam Undang-undang Kepegawaian sudah diatur tentang pengawasan ASN, baik undang-undang 53 secara khusus bicara disiplin dan juga undang-undang nomor 5 tentang ASN. 

"Apalagi kalau itu lembaga yang tidak dibenarkan oleh undang-undang tadi, itu sudah melakukan tindakan dan teguran, itu suatu hal yang tidak baik dan tidak seharusnya terjadi," lanjut Mewengkang .

Kepala daerah boleh menambah tim, tetapi tidak boleh mengambil alih fungsi daripada SKPD yang berwenang, sebagai contoh Inspektorat dan BKD. Dan itu, menurut Mewengkang, tidak dibenarkan kalau di luar lembaga resmi untuk melakukan tindakan. Apalagi mengambila alih wewenang lembaga pemerintah. Itu sudah menyalahi ketentuan. 

"Lembaga itu kalau bukan resmi dari pemerintah, tidak boleh atau dilarang mengadakan tindakan, hukuman apalagi memberikan disiplin pegawai. Ini anehkan," terangnya. 

"Jangan ada tumpang tindih dan tidak ada tindakan, sudah merampas kewenangan daripada institusi resmi," pungkasnya. (All)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Sabtu, 18 Juni 2016 , ,

0 komentar for "Satgas Gempita 'Ambil Alih' Kewenangan Pemkot Manado ???"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional