Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Publik Bertanya-tanya, 1 Kursi PAN di DPRD Manado Masih Kosong

Bobby Daud dan Syarifuddin Taha.

Manado, detiKawanua.com - Pasca dilantiknya Jonas Ronny Makawata sebagai Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Manado melalui Penggantian Antar Waktu (PAW) Gregorius Tonny Rawung, publik semakin bertanya-tanya kapan PAW Partai Amanat Nasional (PAN) berlangsung.

Pertanyaan ini mencuat, dikarenakan 1 kursi kosong PAN yang ditinggalkan Bobby Daud di DPRD Kota Manado semenjak tahun 2015 silam, tak kunjung diduduki oleh perwakilan PAN melalui proses PAW sebagaimana yang terjadi antara Jonas Ronny Makawata dan Gregorius Tonny Rawung tersebut di atas.

Akan hal ini, Wakil Ketua DPRD Kota Manado, Richard Sualang, angkat bicara. Menurut Politisi PDIP tersebut, ada banyak alasan sehingga pihak DPRD Kota Manado belum melantik perwakilan dari PAN.

Dan salah satunya, kata Sualang, karena belum adanya penegasan baik dari pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pusat, maupun pihak KPU Kota Manado.

"Untuk siapa yang akan dilantik, apakah Boby Daud atau Syarifudin Taha, perlu penegasan dari KPU Pusat. Tapi kalau KPU Manado sendiri sudah bisa memberi penegasan, maka tidak perlu lagi di konsultasikan ke KPU Pusat. Karena persoalan ini sangat rumit dan mungkin baru kali ini terjadi di Indonesia," kata Sualang.

Ditambahkan Sualang, untuk mengantisipasi terjadinya polemik di tubuh DPRD Kota Manado dan pihak PAN sendiri, maka sebaiknya PAN segera mengusulkan perwakilannya untuk dilantik.

"Pada intinya, perlu ada koordinasi di internal PAN supaya tidak simpang siur seperti sekarang ini. Karena, dikhawatirkan, nanti kalau tergesa-gesa kami melangkah, efek sampingnya kena ke Pimpinan Dewan, KPI dan pak Gubernur," tambahnya.

Sementara, Ketua Fraksi PAN DPRD Kota Manado, Bambang Hermawan, menjelaskan bahwa pihaknya telah menerima Surat Keputusan (SK) dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN terkait 1 kursi kosong PAN di DPRD Kota Manado. Sehingga, Dirinya berharap agar semua pihak bersabar.

"Kami pengurus PAN Kota Manado, telah menerima SK yang ditandatangani langsung oleh Ketua Umum dan Sekjen PAN. SK itu sudah kami berikan ke Pemerintah Kota Manado, DPRD Kota Manado dan KPUD Kota Manado. Dan informasih terakhir yang saya terima, SK tersebut juga sudah berada di tangan Pak Gubernur," jelas Hermawan yang juga adalah mantan aktivis Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Senin (13/06) kemarin.

Perlu diketahui, kekosongan 1 kursi PAN di DPRD Kota Manado disebabkan karena ditinggalkan oleh Bobby Daud yang mencalonkan diri sebagai calon Wakil Walikota Manado pada Pemilihan kepala daerah (Pilkada) awal tahun 2016. 

Publik berharap, kekosongan 1 kursi PAN segera diduduki oleh perwakilan PAN Kota Manado. Entah diduduki kembali oleh Bobby Daud, ataukah Syarifuddin Taha yang gemar diberitakan media massa.

Baca berita terkait: Daud Kembali ke DPRD Kota Manado, Taha Gigit Jari?

(v1c)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 14 Juni 2016 ,

0 komentar for "Publik Bertanya-tanya, 1 Kursi PAN di DPRD Manado Masih Kosong"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional