Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Presiden Masih Tunda, Kesbangpol Jadi Instansi Vertikal Kemendagri

Sekertaris Kesbangpol Provinsi Sulut, Mesak B Kombongkila.

Manado, detikawanua.com - Dari hasil rapat terbatas yang telah dilaksakan oleh kabinet kerja termasuk Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) bersama Presiden RI Joko Widodo, di Jakarta belum lama ini, untuk Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) menjadi instansi vertikal dari masih ditunda sampai batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Kepala Kesbangpol Provinsi Sulut, Edwin Silangen melalui Sekertaris, Mesak B Kombongkila, memastikan hal tersebut melalui Dirjen Kesbangpol dan untuk sekarang ini masih berpegang dalam undang-undang (UU) Nomor 32 Tahun 2014.

"Dalam artian sampai saat ini untuk UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah itu belum jalan sebenarnya, dengan dasar belum satupun RPP yang keluarkan Kementerian-Kementerian yang masuk di skup termasuk Kemendagri yang contoh didalamnya ada Forkopimda, Kesbangpol, urusan pemerintahan umum dan absolut, nah itu belum satupun produk RPP yang menjadi kelanjutan dari UU 23 Tahun 2014 itu,"terang Kombongkila, kepada wartawan diruangannya, Selasa (7/) sore tadi.

Oleh karenanya, saat ini Kesbangpol menurutnya sesuai arahan petunjuk dari Dirjen Kesbangpol masih merujuk pada UU sebelumnya yakni UU Nomor 32 Tahun 2004 sebagai landasan perangkat daerah dan berjalan tugas seperti biasa sambil menunggu edaran penjelasan surat resmi dari Mendagri kepada seluruh Gubernur dan Bupati/Walikota di Indonesia.

"Jadi seluruh aparat Kesbangpol di Provinsi dan Kabupaten Kota tetap merupakana perangkat daerah dan sudah tidak ada lagi dualisme ada pegawai pusat dan daerah, sampai menunggu surat edaran tersebut,"jelasnya.
Ditambahkannya, untuk persiapan Kesbangpol Provinsi Sulut sendiri sebelumnya untuk dokumen-dokumen yang diminta oleh pemerintah pusat itu sudah disiapkan sehingga jika sewaktu-waktu terjadi disahkannya aturan tersebut (Instansi vertikal,red) Kesbanpol sudah siap.

"Persiapan tahapannya di seluruh Indonesia sudah berjalan, dan kami di
Provinsi Kabupaten Kota di Sulut juga sudah siapkan dokumen yakni daftar pegawai, aset dan lain-lain yang telah atau sudah dilaporkan, hanya yang untuk persiapan untuk selanjutnya ini yang masih dipending sambil menunggu arahan,"ujarnya sembari mengatakan hal itu merupakan amanat UU dan tetap pada tahun ini dan 2017 nanti tetap masih tercover di APBD dan oleh Mendagri akan memberikan perhatian khusus untuk Kesbangpol.


Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 07 Juni 2016 , ,

0 komentar for "Presiden Masih Tunda, Kesbangpol Jadi Instansi Vertikal Kemendagri"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional