Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pengolahan Lahan Persawahan, Babinsa Kodim 1303 Bolmong Dampingi Petani

Foto: Kodim 1303 Bolmong melalui Babinsa Koramil 1303-12 Satombolang, melakukan pendampingan pegolahan lahan persawahan dengan menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) hand traktor yang dipinjamkan dari Kodim kepada para Kelompok Tani (Poktan).

Bolmong,detiKawanua.com  - Kodim 1303 Bolaang Mongondow (Bolmong) melalui Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 1303-12 Satombolang, Serda  Dahri Kadir, melakukan pendampingan pegolahan lahan persawahan dengan menggunakan Alat Mesin Pertanian (Alsintan) hand traktor yang dipinjamkan dari Kodim kepada para Kelompok Tani (Poktan) di antaranya Poktan Cempaka Desa Buntalo Kecamatan Lolak.

Menurut Serda Dahri Kadir, pendampingan kepada petani dalam pengolahan lahan menggunakan hand traktor milik Kodim  yang dipinjamkan kepada petani dengan tujuan mempercepat masa tanam sesuai dengan target  pemerintah pusat untuk pencapaian sewasembada pangan. “ TNI sudah ditugaskan menjadi pendampingan pertanian, apalagi Babinsa wajib turun tangan. Olehnya saya berharap kepada petani agar selalu berkoordinasi dengan kami Babinsa,” kata Kadir.

Di kesempatan yang sama, Kepala Staf Kodim (Kasdim) 1303 Bolmong Mayor Inf Suwarno mewakili Dandim 1303 Bolmong meninjau kegiatan Poktan Cempaka di Desa Buntalo serta memberikan arahan agar bantuan Alsintan  hand tractor yang dipinjamkan kepada Poktan agar dapat dijaga dan dirawat dengan baik. “Saya mohon bantuan supaya Alsintan ini dijaga dan dirawat,” ujar Suwarno.
Kasdim juga menyarankan kepada petani agar menjual gabah hasil panen ke Perum Bulog untuk menyumbangkan ketersediaan cadangan beras nasional. “Saya harap nanti hasil panen kita jual ke Bulog agar kita bisa penuhi ketersedian cadangan beras nasional kita,” katanya.

Sementara itu, salah seorang anggota Poktan, Ronal Hasan, mengatakan dengan terlibatnya Babinsa turun sawah ini memberikan motivasi kepada petani. “Apalagi, dengan adanya bantuan Alsintan dari Kodim ini sangat membantu kami sebagai petani dalam mengolah lahan,” ujarnya.
Di sisi lain, dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Kodam VII Wirabuana, Kodim 1303 Bolmong memperingatinya dengan melaksanakan acara syukuran bersama warga di Lapangan Olahraga Desa Bintau Kecamatan Passi Barat.

Pelaksanaan kegiatan berlangsung ini dalam acara syukuran dan buka puasa bersama masyarakat sambil menunggu acara buka puasa, Pangdam VII Wirabuan dalam sambutannya yang dibacakan oleh Komandan Kodim (Dandim) 1303 Bolmong Letkol Inf Sampang Sihotang mengatakan, kegiatan syukuran yang dirangkaikan dengan buka puasa bersama ini, memiliki makna religius yang sangat tinggi, sekaligus sebagai ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa yang senantiasa memberikan kekuatan dan kemampuan sehingga kita dapat melaksanakan tugas pengabdian kepada negara dan bangsa dengan baik. “Kami mengapresiasi dengan ucapan terima kasih kepada Bupati Bolmong Salihi Mokodongan atas kerjasama selama ini sehingga Kodim 1303 Bolmong dan Dinas Pertanian dan Peternakan (Dispertanak) Bolmong mendapatkan juara dalam lomba luas tanam lahan,” katanya.


Dalam acara tersebut juga dilakkan penyerahan tali kasih kepada fakir miskian dan kaum duafah yang diserahkan oleh Bupati dan Dandim. (Tri Saleh)

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Selasa, 21 Juni 2016

0 komentar for "Pengolahan Lahan Persawahan, Babinsa Kodim 1303 Bolmong Dampingi Petani"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional