Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Pemda Boltim Dapat 'Hatrick' WTP

Predikat WTP yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara, Endang Tuti Kardiani, SE, MM kepada Bupati Boltim Sehan Salim Landjar.
Predikat WTP yang diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulawesi Utara, Endang Tuti Kardiani, SE, MM kepada Bupati Boltim Sehan Salim Landjar.

Boltim, detikawanua.com - Untuk ketiga kalinya Kabupaten Bolaang Mongondow Timur (Boltim), meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) perwakilan Sulawesi Utara.

Predikat WTP diserahkan secara langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut Endang Tuti Kardiani SE, MM kepada Bupati Boltim Sehan Salim Landjar SH di Kantor BPK RI Perwakilan Sulut Jalan 17 Agustus Manado, Jumat (10/6) siang tadi.

Turut hadir dalam acara tersebut, Wakil Ketua DPRD Boltim Sehan Mokoagow, Sekretaris Daerah (Sekda) Muhammad Assagaf, serta sejumlah pejabat eselon II dilingkup pemkab Boltim.

Acara dimulai dengan penyerahan LHP kepada 6 Kabupaten se-Sulut oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sulut yaitu Kabupaten Boltim yang mendapat opini WTP, Kabupaten Talaud yang mendapat opini WDP, Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Bolmut) meraih WDP, serta Kabupaten Minahasa Tenggara dan Minahasa Utara yang untuk pertama kali meraih opini WTP. Sementara LHP Kabupaten Minahasa Selatan ditunda penyerahannya karena menunggu kehadiran Ketua DPRD.

Dalam sambutannya Ketua BPK RI Perwakilan Sulut mengatakan bahwa, pemberian opini berdasarkan 4 kriteria yaitu kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan,  kecukupan pengungkapan, kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektifitas sistem pengendalian internal.

Lanjut Dia dijelaskan bahwa, Laporan Keuangan Tahun Anggaran 2015 berdasarkan sistem akuntansi berbasis akrual, dimana terdapat 7 komponen dalam laporan yakni Laporan Realisasi Anggaran, Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih, Laporan Operasional, Laporan Perubahan Ekuitas, Neraca, Laporan Arus Kas, dan Catatan Atas Laporan Keuangan. Dia berharap untuk Pemda yang belum mencapai WTP, Tahun depan bisa menyusul daerah lain yang telah meraih WTP.

"Semoga tahun depan semua kabupaten kota dapat meraih WTP karena, WTP adalah kewajiban Pemda untuk meningkatkan pelaporan keuangan yang transparan," ujarnya.

Ditemui selesai kegiatan tersebut, Bupati Boltim Sehan SalimLandjar SH mengaku bahagia dan senang atas pencapaian tersebut. Bupati juga mengatakan, capaian ini merupakan hal yang luar biasa karena 3 Tahun berturut-turut Boltim berhasil mendapat penghargaan tertinggi terkait pengelolaan keuangan sehingga, menurutnya harus dipertahankan dan bahkan harus ditingkatkan kedepan. Bupati pun memberi apresiasi kepada Sekretaris Daerah, para Asisten, Kepala DPPKAD,  serta Inspektur Daerah yang menurutnya merupakan tulang punggung dalam hal penataan admistrasi keuangan daerah.

"Raihan ini tidak lepas dari peran mereka. Mereka telah berupaya dan bekerja keras memandu semua kepala satuan kerja selaku pengguna anggaran didalam melaksanakan penataan keuangan, pelaksanaan serta pertanggung jawaban," ucap Bupati kepada sejumlah awak media.

Saat disinggung terkait reward kepada Aparatur, Bupati mengatakan bahwa tidak menutup kemungkinan Tahun depan akan ada kenaikan Tunjangan Kinerja sebagai bentuk reward kepada para aparatur yang telah bekerja keras sehingga, Boltim bisa meraih hasil terbaik dalam hal pengelolaan keuangan.

"Tunjangan selalu menjadi perhatian, dan akan dilihat kedepan sesuai kemampuan keuangan daerah," tutur Eyang, sapaan akrab Bupati Boltim.

Acara tersebut ditutup dengan penyerahan piagam penghargaan bagi Pemerintah Daerah yang meraih opini WTP. (Fidh)

Di Postkan Oleh Adhy Kambose | Jumat, 10 Juni 2016 ,

0 komentar for "Pemda Boltim Dapat 'Hatrick' WTP"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional