Headlines
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
  • data:post.title
Pratinjau
Pratinjau
Pratinjau

Opini WTP Bukan Jaminan Daerah, Dengan Data Kemiskinan BPS Naik

Taufik Tumbelaka. (Ist)

Manado, detiKawanua.com - Begitu bahagia dan bangganya para kepala daerah bila pemerintahan yang dipimpinnya itu berhasil menyandang gelar opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI. Namun hal itu merupakan suatu kewajaran karena bersifat penting sebagai bentuk usaha keseriusan daerah dalam tata kelola keuangan yang baik.

Namun disisi lain, melalui pengamat Politik dan Pemerintahan Sulut, Taufik Tumbelaka menilai terpenting untuk diingat dalam setiap sambutan pidato kegiatan hajatan bergengsi tahunan dari BPK itu sering tersirat kalimat dari pihak BPK bahwa opini WTP yang diberikan bukan berarti daerah bersangkutan telah berhasil atau tidak terjadi penyimpangan.

"Hal itupun diakui BPK sendiri bahwa pemeriksaan BPK juga masih terkendala keterbatasan auditor dan waktu, sehingga tidak dapat memeriksa secara keseluruhan,"katanya, melalui penyampaian singkat yang diterima detikawanua.com, Minggu (12/06) tadi.

Menariknya, ketika para kepala daerah berlomba-lomba memperoleh opini WTP, namun pada hasilnya daerah di Sulut juga masih mengalami peningkatan fakta kemiskinan dari BPS dan terus alami peningkatan diperiode tahun yang sama hasil pemeriksaan WTP.

"Angka kemiskinan di Sulut pada bulan September 2014 lalu ada sekitar 198.000 jiwa, yang pada Maret 2015 naik menjadi lebih dari 208.000 jiwa dan pada bulan September 2015 pun kembali naik menjadi lebih dari 217.000 jiwa," ungkapnya.

Karena itu menurutnya dapat diartikan bahwa kebanyakan oknum pejabat/pemimpin lebih memfokuskan dan mengejar prestasi prestise opini BPK dari pada memperhatikan secara serius data kemiskinan hasil survey BPS di lapangan.

"Sejatinya pemimpin yang hebat itu adalah pemimpin yang dapat membawa rakyatnya menuju kesejahteraan yang tinggi dengan menunjukkan menurunnya angka kemiskinan secara signifikan," tandas salah satu alumni terbaik UGM itu.

Rep/Editor: IsJo

Di Postkan Oleh Info detiKawanua | Minggu, 12 Juni 2016 ,

0 komentar for "Opini WTP Bukan Jaminan Daerah, Dengan Data Kemiskinan BPS Naik"

BERITA TERBARU

MITRA

KOTAMOBAGU

----->SOSIAL/BUDAYA

----->OLAHRAGA

Lingkungan

Internasional